Bupati dan wakil bupati Manowkari, Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo.

Duet PADI Didorong Tingkatkan Layanan Publik dan Keterbukaan Informasi

MANOKWARI, Cahayapapua.com-Ombudsman Papua Barat menilai kepala daerah devinitif Manokwari Demas Paulus Mandacan dan Edy Budoyo perlu menerapkan reformasi birokrasi secara sungguh-sungguh sehingga bisa memberikan layanan publik yang berkualitas dan lebih baik. Duet PADI itu juga diharapkan lebih terbuka dalam mengelola informasi publik.

Kepala Bidang Pengawasan Ombudsman Papua Barat Yunus Kaipman di ruang kerjanya, Rabu (2/3/2016), mengatakan, dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, badan publik wajib memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat secara terbuka.

“Pimpinan publik harus memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan,” kata dia. “Ombudsman akan mendorong instansi-instansi pelayanan public memberikan informasi pelayanan publik baik di kabupaten/Kota di Papua Barat. Intansi pemerintahan harus memahami tugas dan fungsi mereka.”

Selain itu, soal pelayanan publik, ia mengatakan, sudah ditegaskan dalam UU 25/2009 bahwa pelayanan publik harus dilakukan sesuai prosedur, singkat, mengutamakan kenyamanan dan minim biaya. |EDY MUSAHIDIN

Tinggalkan Balasan