Asisten III Bidang Administrasi Setda Papua Barat Fransiskus Kosamah saat memukul tifa tanda dibukanya seminar Polmas di Papua Barat.|Foto : Adith Setyawan|Cahaya Papua.

Dukung Polmas, Pemprov Akan Siapkan Anggaran

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat siap membantu anggaran guna mendukung kinerja Polmas (pemolisian masyarakat) yang bertugas di wilayah  Papua Barat.

Hal ini diungkapkan Asisten III Bidang Administrasi Setda Papua barat Fransiskus Kosamah pada sesi diskusi di acara seminar pembentukan pilar Polmas, penentuan model implementasi dan penanadatanganan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) pilar polmas tingkat Provinsi Papua Barat, di Swissbel Hotel Manokwari, Kamis (8/10/2015).

Kepada wartawan mantan kepala Dinas Pariwisata Papua Barat ini mengatakan pemerintah harus ikut turut serta mendukung rencana pembentukan polmas dan sekaligus pelaksananannya.

“Anggaran itu kewajiban kita, kita harus sampaikan dan usulan ke DPR, saya akan sampaikan ke sekda, kesbangpol dan pemeirntah kabupaten agar kita bersama-sama untuk anggarkan,” kata Kosamah.

Dikatakan Kosamah, Polmas merupakan suatu pekerjaan yang besar. Sehingga memerlukan anggaran yang cukup bahkan bisa dikatakan besar.

Mengingat kondisi alam yang sangat sulit untuk menjangkau satu daerah ke daerah lain.

Anggaran polmas yang diberikan oleh pemerintah daerah pada tahun-tahun sebelumnya masih sangat kurang dari cukup. Maka dengan melihat itu, pihak pemerintah provinsi bersama kabupaten akan mengusulkan anggaran polmas  lebih dari tahun sebelumnya.

“Dalam rangka rencana melibatkan masyarakat dalam menciptakan ketertiban masyarakat,  kalau hanya dari kepolisian sendiri kelihatannnya anggarannya sedikit atau tipis,” kata Kosamah lagi.

Ia menambahakan, pemerintah daerah bersama kesbangpol perlu mendorong terbentuknya polmas tingkat wilayah Papua Barat. Hal ini dikarenakan melibatkan masyarakat untuk membantu ketertiban masyarkat.

“Perlu ada koordinas mengenai anggaran operasional polmas ini, kita harus sama-sama meringankan itu dengan menganggarkan itu,” tambah Kosamah.|DINA RIANTI|BUSTAM