Gubernur Papua Barat Abraham Atururi melantik Caretaker Bupati Pegunungan Arfak Yusak Wabia dan Manokwari Selatan Lasarus Indou, Jumat pekan lalu. Yusak resmi menggantikan Dominggus Mandacan sementara Lasarus menggantikan Edi Budoyo.

Edi Budoyo dan Dominggus Resmi Lepas Jabatan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com —– Gubernur Papua Barat, Abraham O Atururi, akhirnya melantik Lazarus Indou dan Yusak Wabia sebagai caretaker (penjabat) bupati Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak di Manokwari, Jumat, (24/4/2015).

Lasarus Indou,  resmi dikukuhkan menggantikan Edi Budoyo, penjabat carateker Bupati Mansel sebelumnya, sementara Yusak Wabia mengganti Dominggus Mandacan. Mereka akan bertugas selama setahun kedepan hingga bupati difinitif kedua kabupaten ini dilantik usai Pilkada tahun ini. Pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan berjalan aman, puluhan aparat Kepolisian Manokwari diterjunkan dalam kegiatan tersebut.

Gubernur Papua Barat saat memberikan sambutan mengingatkan, tugas penjabat bupati pada daerah otonom baru yakni, pertama, mempersiapkan struktur organisasi perangkat daerah, kedua, menyelenggarakan pemerintahan daerah, ketiga. Memfasilitasi pengisian keanggotaan DPRD dan yang ke empat, memfasilitasi pemilihan bupati dan wakil bupati definitif.

Menurut gubernur 3 dari 4 tugas utama tersebut telah dilaksanakan oleh careteker bupati sebelumnya, sehingga tugas dari Penjabat Bupati Pegaf maupun mansel kedepan, memfasilitasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati, dan memastikan netralitas PNS dilingkungan Pemkab Manokwari Pegaf  pada momentum Pikada tersebut

Yusak Wabia usai pelantikan itu mengaku siap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pejabat bupati hingga terpilihnya bupati dan wakil bupati definitif di Pegaf.

Setelah pelantikan ini, ia akan segera berkoordinasi bersama sekretaris DPRD Pegaf serta pihak terkait lainya, jabatan ketua DPRD yang hingga kini masih kosong segera terisi. Ia pun akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Papua Barat terkait pengisian komisioner KPU di kabupaten tersebut.

Penjabat bupati Mansel, Lasarus Indou pun  siap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai penjabat bupati. |RIZALDY