Pasangan Irene Manibuy dan Abdullah Manaray (IMAN).

Eks Relawan IMAN Marinus Bonepai ‘Mulai Bernyanyi’

MANOKWARI, Cahayapapua.com—-  Eks relawan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat untuk pasangan Irene Manibuy – Abdullah Manaray (IMAN), Marinus Bonepai, mulai ‘bernyanyi’ beberapa hari setelah ia resmi menyatakan keluar dari IMAN.

Bonepai menuding rencana perpanjangan masa bakti 33 anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPB) untuk kedua kalinya, sebagai konspirasi politik untuk memuluskan langkah calon kandidat gubernur dan wakil gubernur tertentu di Pilgub Papua Barat.

Tudingan Bonepai ini dilontarkan hanya berselang dua hari setelah ia secara tegas menyatakan kepada media mengundurkan diri dari ketua tim relawan pasangan IMAN karena berbeda pandangan politik.

“MRPB diperpanjang itu ada ‘maksud lain’. Ini hanya dimainkan untuk mengakomodir kepentingan oknum-oknum tertentu dalam kepentingan Pilkada gubernur dan wakil gubernur.

Bukan karena keterlambatan, tapi ini skenario politik yang sedang dimainkan. Saya berkata seperti ini karena saya tahu persis,” kata Marinus merujuk pada oknum yang ia tuding tanpa mau menyebutkan nama dimaksud, Senin (19/9).

Menurut Marinus yang juga adalah Ketua DPW Perindo Papua Barat, rencana perpanjangan tugas MRPB untuk kedua kalinya yang diapungkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Papua Barat tidak tepat.

“Pemerintah provinsi Papua Barat harus jeli melihat aturan main. Jangan menginjak-injak aturan yang sudah dibakukan di dalam Undang-undang Otsus maupun Peraturan Pemerintah,” kata Marinus.

Secara terpisah Ketua MRPB, Vitalis Yumte menyatakan membantah tudingan Marinus. Vitalis mengatakan tudingan Marinus tidak berdasar.

“Kalau ada penilaian bahwa perpanjangan ada kaitannya dengan pasangan calon tertentu dan Pilkada Papua Barat itu adalah pandangan yang tidak logis dan cenderung merupakan pikiran yang mundur dan provokatif,” imbuhnya.

Selain itu Vitalis mendorong agar proses perekrutan calon anggota MRPB periode 2016-2021 bisa berjalan sesuai regulasi yang telah disahkan, juga mendesak Kesbangpol Papua Barat menyiapkan langkah-langkah pencalonan anggota MRPB periode baru.

“Itu kewenangan pemerintah. Jika ada pertanyaan soal perpanjangan masa bakti MRPB, itu kembali kepada pemerintah. Anggota MRPB berakhir atau ditambah masa tugas, sesuai surat keputusan, dan ini menjadi kewenangan gubernur,” kata Vitalis.

Marinus Bonepai selama ini diketahui merupakan orang dekat Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy yang juga mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur Papua Barat dalam Pilgub 2017.

Ia sering ditemukan media, bersama-sama Irene hadir dalam sejumlah acara resmi. Ia bahkan mengaku merupakan penggerak relawan di kabupaten/kota se Papua Barat untuk pasangan IMAN.

Namun klaim Marinus sebagai pimpinan relawan IMAN dipatahkan bakal calon wakil gubernur Papua Barat yang berpasangan dengan Irene, Abdullah Manaray. Abdullah menegaskan mundurnya Marinus tidak merepresentasikan relawan IMAN. (FAR)

Tinggalkan Balasan