Bocah spesialis jok motor saat diperiksa di polres Manokwari setelah tertangkap beraksi di Pasar Sanggeng, Jumat (14/10). Tiga dari mereka sudah tidak bersekolah.

Empat Bocah Tertangkap Basah saat Beraksi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Empat bocah spesialis pencungkil jok motor, akhirnya digelandang ke Polres Manokwari, setelah tertangkap basah oleh tim khusus (Timsus) Polres Manokwari, Kamis (13/10) siang.

“Mereka masing –masing, DP 12 Tahun, VK 15 Tahun, WW 14 Tahun dan seorang remaja DM 20 tahun,” kata Kaur Bin Ops Polres Manokwari Ipda Rusman Simanjuntak saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, penangkapan berawal saat mereka (pelaku, red) sedang menjalankan aksinya dengan mencungkil jok motor warga yang berada di sekitar Pasar Tingkat Sanggeng.

“Modus yang mereka lakukan saat beraksi, mereka melakukan pembagian tugas, ada yang tugasnya memantau dari jauh ada yang beraksi copet dan ada juga yang mencungkil jok motor mencari sesuatu didalam jok,“ ujar jusman.

Rusman mengatakan, dari hasil pemeriksaan, pihaknya menyimpulkan aksi yang dilakukan oleh keempatnya ini ada yang menjadi aktornya. Karena itu, pihaknya, akan menindaklanjuti keterangan yang diberikan para pelaku tersebut.

“Karena mereka ini masih tergolong anak-anak makanya kita lakukan pembinaan dengan memanggil orang tuanya serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan nasehat kepada mereka,“ ujarnya.

Ironisnya dari tiga anak dibawah umur yang di tahan itu satu di antaranya masih duduk di bangku sekolah, sementara sisanya tidak bersekolah lagi.

“Kami perlu peran orang tua dan tokoh agama serta tokoh masyarakat untuk sama-sama mari kita lakukan pembinaan terhadap anak-anak ini sangat disayangkan dalam usia seperti ini mereka dimanfaatkan untuk hal-hal yang negative,” ujarnya.

Setelah memberikan pembinaan keempat pelaku ini dikembalikan polisi kepada orang tuanya agar diberikan pembinaan. “Tadi sudah kami kembalikan ke orangtuanya, dan sudah kami suruh tandatangan pernyataaan untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya. Kalau mereka ulangi lagi, maka kami tidak segan-segan menangkap kembali,” ujarnya. (MAR)

Tinggalkan Balasan