Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Foto: Ist

Empat Calon Siap Bersaing dalam Kongres AJI 2014

PADANG— Panitia lokal Kongres IXAliansi Jurnalis Independen (AJI) mencatat, setidaknya empat pasangan telah menyatakan kesiapan untuk bersaing menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode 2014-2017di Bukittinggi, Sumatera Barat, 27-29 November 2014.

Kongres tersebut akan diikuti sekitar 200 jurnalis dari 34 AJI Kota dan tiga AJI Kota Persiapan di seluruh Indonesia.

Menurut siaran pers panitia lokal, calon ketua umum yang telah menyatakan kesediaan adalah Abdul Manan, Suwarjono, Iman D. Nugroho dan Ruslan Sangadji.

Abdul Manan (Redaktur Tempo) mendeklarasikan berpasangan dengan calon Sekjen Rinjani (Jurnalis Forbes). Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com) menyatakan akan berpasangan dengan Arfi Bambani (Kepala Kompartemen Nasional, Politik dan Metropolitan viva.co.id). Sementara Iman Dwi Nugroho (CNN Indonesia) dan Ruslan Sangadji (Koresponden The Jakarta Post) belum menentukan calon Sekjen.

“Saya siap sebagai ketua. Pasangan Abdul Manan-Rinjani akan melanjutkan perjuangan meningkatkan kompetensi dan kapabilitas AJI,” kata Manan, Minggu (23/11/2014).

Sekjen AJI Indonesia periode 2005-2008 ini menyatakan, program prioritas dirinya adalah meningkatkan kesejahteraan jurnalis. Kebebasan pers dan peningkatan kompetensi jurnalis juga akan diperjuangkan.

Suwarjono yang juga telah menyatakan kesiapannya dalam milis AJI, akan berpasangan dengan Arfi Bambani. Ia akan menitikberatkan program pada peningkatan skill anggota, sehingga mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada di industri media yang kian berkembang di era sentralisasi kepemilikan media.

“Kami juga ingin menuntaskan ide-ide besar yang sudah dirintis tiga tahun terakhir untuk membangun AJI lebih kuat. Juga membangun program jaminan sosial, dana abadi dan sekolah jurnalisme,” kata Sekjen AJI Indonesia periode 2011-2014 itu.

Selain peningkatan skill anggota, Suwarjono menekankan pentingnya meningkatkan posisi tawar AJI di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Iman D Nugroho, mantan Ketua AJI Surabaya menyoroti pentingnya meningkatkan posisi tawar organisasi. Itu adalah visi utama dirinya jika terpilih. Iman juga ingin meningkatkan kualitas anggota AJI yang lebih merata di seluruh Indonesia, melalui pelatihan dan pendidikan jurnalistik.

Iman mengaku masih melakukan penjajakan untuk menetapkan calon Sekjen pendampingnya. “Ada beberapa nama calon yang lagi saya jajaki untuk Sekjen, salah satunya adalah Hendra Makmur (mantan Ketua AJI Padang),” katanya.

Ruslan Sangadji atau yang akrab dipanggil Ochan masih menutup rapat nama calon pendampingnya. Namun, dia menyatakan siap bertarung dalam kongres tersebut. Ochan juga menyatakan kesediaanya, seperti diberitakan Kabar Selebes.

“AJI perlu lebih adil terhadap perkembangan AJI Kota. Saya bertekad menciptakan keadilan di AJI,” kata mantan Ketua AJI Palu itu dalam siaran pers panitia lokal.

Menurut mantan anggota Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) AJI Indonesia itu, sudah saatnya AJI dipimpin oleh tokoh-tokoh daerah, sehingga mengerti secara dalam persoalan yang dihadapi anggota di daerah.

 

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan