Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw (ketiga dari kanan) bersama empat jenderal TNI yang merupakan staf ahli Panglima TNI Bidang Pengawasan Lingkungan Hidup. Arif Triyanto/Cahaya Papua

Empat jenderal TNI kunjungi fasilitas Tangguh LNG

BINTUNI, Cahayapapua.com— Empat jenderal TNI yang merupakan staf ahli Panglima TNI bidang pengawasan lingkungan hidup secara berkunjung perusahaan gas alam cair Tangguh LNG di Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (21/2).

Kunjungan para jenderal TNI ini disebut untuk meninjau langsung penanganan pengolahan pengolahan limbah, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan oleh perusahaan yang dioperasikan BP Indonesia tersebut.

Para jenderal TNI tersebut dipimpin jenderal bintang dua Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Wardiyono, didampingi tiga jenderal masing -masing Kepala Staf Ahli Tk.II Kumhamdan Narkoba Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Brigjen TNI Asep Wasito.

Juga Kepala Staf ahli Tk.II Wassus Sahli Bid Wassus dan LH Panglima TNI Brigjen TNI Ahmad Said,  dan Kepala Staf ahli Tk.II LH Sahli Bid Wassus dan LH Panglima TNI Brigjen TNI I Ketut Duara. Turut serta dalam rombongan Pabub Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI  Kol Adm Siswadi Erik S.

Para jenderal tersebut diterima Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dan langsung melakukan pertemuan tertutup di ruang kerja bupati, kantor sekretariat daerah, SP III, Disrik Manimeri.

Usai pertemuan kepada awak media, Wardiyono menjelaskan kunjungan kerja ke Tangguh dan Pemerintah Daerah Teluk Bintuni untuk mempersiapkan program kajian lingkungan hidup oleh TNI.

“Kami ambil lokasi di LNG Tangguh, Distrik Babo, termasuk Kabupaten Teluk Bintuni, setelah kami meninjau kesana. Secara profesional perusahaan tersebut (Tangguh) sangat bagus. Kami melihat pengolahan dan sebagainya itu sangat profesional,” katanya.

Wardiyono menambahkan banyak kontribusi yang diberikan oleh Tangguh dapat meningkatkan ketahanan nasional. “Ketahanan suatu negara tidak hanya dilihat dari berapa senjata kita, tetapi ketahanan suatu negara itu dilihat juga dari kontribusi perusahaan ke negara,” ujarnya.

Sementara Petrus Kasihiw mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja dari staf ahli Panglima TNI. “Selaku pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Intinya selaku tuan rumah sudah sepatutnya memberikan pelayanan kepada tamu, karena dengan kedatangan empat jenderal yang datang bersamaan ini jarang terjadi dan luar biasa,” kata Kasihiw.

Kasihiw mengatakan kehadiran empat jenderal dari Mabes tersebut dapat memberikan informasi seimbang antara daerah dan pusat. Menurut Kasihiw kondisi di daerah kondusif aman terkendali, investasi jalan dengan lancar dan baik.

Sebelumnya, rombongan terlebih dahulu berkunjung lokasi Tangguh yang berada di wilayah Selatan Teluk Bintuni. |Arif Triyanto

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: