Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Papua Barat Hermus Indou

Festival budaya religi akan digelar di Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat akan menggelar festival budaya religi untuk mempererat persatuan antar umat beragama di daerah tersebut.

“Semua agama kita wajibkan tampil dengan budaya masing-masing. Ini untuk memperkokoh hubungan dan toleransi antar umat beragama,” kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Papua Barat Hermus Indou di Manokwari, Selasa.

Hermus mengutarakan, kegiatan festival telah diagendakan untuk digelar tahun 2018. Pihaknya berharap, seluruh agama menampilkan kebesaran dan karakternya secara maksimal.

Seluruh agama, Khatolik, Protestan, Islam, Hindu dan Budha ada di Papua Barat. Melalui kegiatan ini, diharapkan Papua Barat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga persatuan dan keberagaman.

“Kita upayakan tahun depan kita berharap bapak presiden yang nanti akan membuka kegiatan,” kata dia.

Hermus mengungkapkan, selain festival, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kegiatan lain yang bertujuan untuk menangkal penyebaran paham radikal di daerah ini.

“Kita juga menyiapkan kegiatan sarasehan keagamaan dan program bina damai. Kita harus terus perkuat persaudaraan antar umat di Papua Barat,” ujarnya lagi.

Menurutnya, kegiatan tersebut sudah pernah dilaksanakan tahun. Tahun depan akan dilaksanakan dengan melibatkan peserta lebih banyak.

“Untuk sarasehan, kita akan melibatkan beberapa narasumber nasional. Gerakan ini dilakukan sebagai upaya pencerahan umat,” katanya lagi. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: