Pulau Misool di Raja Ampat. Tanggal 18-21Oktober mendatang akan digelar Festival Raja Ampat.

Festival Raja Ampat Siap Digelar Pertengahan Oktober

JAKARTA, CAHAYAPAPUA.com– Raja Ampat adalah destinasi impian banyak wisatawan. Untuk meramaikan objek wisata bahari ini, kembali akan digelar Festival Raja Ampat tahun ini, tepatnya 18-21 Oktober 2015.

Hal itu diungkapkan saat acara jumpa pers Festival Bahari Raja Ampat di lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Rabu (7/10/2015). Festival ini pun akan diselenggaran kali kelima setelah pertama kali pada tahun 2010 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Untuk tahun ini, tema yang diusung akan lebih berfokus pada kekayaan bahari Raja Ampat yang terkenal sebagai segitiga terumbu karang dunia. Itu pun sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi dan Menpar Arief Yahya yang ingin memajukan wisata bahari.

“Tagline yang kami pilih adalah Indahnya Raja Ampat, Indahnya Indonesiaku. Tahun ini Festival Raja Ampat lebih mengarah ke baharinya,” ujar Bupati Raja Ampat Markus Wanna pada detikTravel dan rekan media.

Festival tersebut juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan Patung Yesus Memberkati di Pulau Sagawin yang berjarak sekitar 40 mil dari Kota Sorong. Nantinya kehadiran patung tersebut akan ditujukan sebagai salah satu wisata religi selain wisata bahari di Raja Ampat. Menpar pun sangat mendukung acara tersebut.

“Baguslah Raja Ampat, tinggal kita banyak mempromosikan,” ujar Menpar Arief Yahya

Festival Bahari Raja Ampat 2015 yang dilangsungkan selama empat hari itu akan menampilkan rangkaian kegiatan yang bervariasi dari lomba tarian lokal hingga lomba bahari dan pemilihan Duta Wisata Papua Barat. Selain itu juga akan ada kegiatan konservasi laut dengan masyarakat setempat.

“Jangan mati dulu sebelum ke Raja Ampat,” tutup Markus.|DETIKTRAVEL