Peserta Festival Senja Kaimana 2014. Foto: Isabela Wisang

Festival Senja Kaimana 2014 Sedot Perhatian Wisatawan Asing

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Festival Senja yang digelar di Kaimana, Papua Barat cukup menyedot perhatian pengunjung, tak terkecuali wisatawan asing dari berbagai negara. Hajatan tahunan yang bertujuan mempromosikan keunikan budaya dan kerajinan tangan masyarakat Kaimana ini dibuka Bupati Kaimana Matias Mairuma, pada Minggu (19/10) lalu.

Berdasar pantauanCAHAYAPAPUA.com, sejumlah wisatawan asing tampak menikmati pameran budaya di setiap stand pameran. Beberapa diantaranya sempat membeli pernak-pernik, karya tangan masyarakat asli Kaimana.

Antusiasme warga juga terlihat dari padatnya Pantai Taman Kota Kaimana yang menjadi lokasi pelaksanaan festival. Lokasi ini dikelilingi stan pameran yang disiapkan langsung oleh Kantor Kebudayaan Pariwisata kerjasama dengan Dinas Perindagkop UMKM Kaimana.

Stand dibangun sesuai jumlah institusi maupun kelompok pengrajin yang telah mendaftarkan diri.

Festival senja diisi oleh beragam kegiatan misalnya lomba kuliner khas Kaimana, lomba pangkur sagu, lomba tari seka indah, lomba tari kreasi baru, pentas tari tradisional, lomba memanah tradisional dan lomba menombak tradisional.

Ada juga parade budaya yang bertujuan menampilkan khasanah budaya orang Kaimana baik asli maupun suku nusantara, Kaimana Fun bike (sepeda santai, red) dengan peserta khusus dari kelompok anak-anak, lomba fotografi serta kegiatan Bantemi Long Lunch alias makan siang dengan menu tradisional tanpa nasi/beras, yang disediakan diatas meja panjang bertempat di Pantai Bantemi.|ISABELLA WISANG

Editor : Patrix Barumbun Tandirerung

Tinggalkan Balasan