Wabup Roberth Hammar menggunting pita menandai diresmikannya Kantor FKUB Kabupaten Manokwari, Rabu (21/1/2015) . | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

FKUB Tak Didanai, Robert Hammar Kritik Tim Anggaran

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—-  Wakil Bupati Manokwari Roberth KR.Hammar menyesalkan tidak adanya alokasi dana dalam APBD Kabupaten Manokwari tahun 2014 untuk mendukung keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Hammar pun mengkritik kinerja Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dinilainya mengabaikan kewajiban Pemda untuk mendanai lembaga-lembaga yang memiliki peran strategis di daerah.

“Forum ini (FKUB) harus masuk dalam APBD karena ini sudah diatur dalam ketentuan. TAPD yang diketuai Sekda mungkin tidak paham dengan ini padahal kepengurusan forum ini diangkat dengan SK Bupati, “ kata Hammar dalam sambutannya pada acara peresmian gedung kantor FKUB Kabupaten Manokwari, di kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut Wabup menyatakan, Pemda berkewajiban mendukung keberadaan FKUB baik melalui dukungan finansial maupun kebijakan lainnya.  Selain karena ketentuan perundang-undangan mengamanatkan demikian, keberadaan FKUB sudah menjadi sebuah kebutuhan di daerah.

“Pemda seharusnya tidak boleh tutup mata dengan forum ini.  Karena forum ini berperan penting untuk mendeteksi potensi intoleransi yang terjadi. Forum ini berperan strategis dalam menangkal dan menanggulangi krisis multidimensional yang terjadi di masyarakat, “ tandas Hammar yang berposisi sebagai ketua dewan penasehat FKUB.

Ketua FKUB Kabupaten Manokwari Pendeta Zadrak Simbiak, STh berharap, semua pihak di daerah ini tetap bersemangat menjaga kerukunan antar umat beragama yang selama ini telah terbina dengan cukup baik.

Toleransi beragama  harus tetap tumbuh dan hidup agar kedamaian bersama terwujud Manokwari.“ Mudah-mudahan hadirnya kantor ini  ada harapan yang besar tentang kedamaian di daerah ini, “ ucap Zadrak.

Gedung kantor FKUB berada satu kompleks dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari di Jalan Percetakan Negara Manokwari.

Pengurus FKUB Kabupaten Manokwari periode 2013-2018 sebagai berikut ; Ketua Zadrak Simbiak, Wakil Ketua I H. Mucoshin Rahakbauw, Wakil Ketua II I Gede Wiradana, Sekretaris Musa D.Yowei, Wakil Sekretaris Nurdep dan Bendahara Jeane Angela Tuwera. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan