Kantor DPRD Manokwari. Foto: vogelkoppapua.org

FMH Minta Pemda Manokwari Terapkan Pendidikan Gratis

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com –  Fraksi Manokwari Hebat DPRD Kabupaten Manokwari, Papua Barat, berharap pemerintah Manokwari bisa mengratiskan biaya pendidikan di daerah ini.

FMH menilai biaya pendidikan bisa digratiskan karena alokasi biaya pendidikan dalam APBD mencapai 20 persen. Alokasi biaya itu menurut FMH cukup besar sehingga pendidikan gratis bisa diwujudkan dari sekolah dasar hingga menengah atas, baik swasta maupun negeri.

“Penduduk kita sedikit. Saya rasa dengan 20 persen anggaran cukup untuk membebaskan siswa dari biaya apapun,” kata Sekretaris FMH Trisep Kambuaya kepada CAHAYAPAPUA.com, Selasa (11/11/2014) di Manokwari.

FMH berharap Pemda Manokwari bisa mewujudkan pendidikan gratis ditahun 2015. Menurut dia, seharusnya Pemda dan DPRD bisa bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.

Terlepas dari hal itu, FMH menilai kondisi pendidikan di kampung maupun kota di Manokwari masih memprihatinkan. “Realisasi anggaran pendidikan di kabupaten Manokwaribelum jelas,” tuding FMH.

Pemerintah Manokwari juga diminta secepatnya menyerahkan laporan terperinci mengenai anggaran pendidikan di Manokwari dalam pembahasan APBD Perubahan 2014 nanti.

“Dari dokumen Kebijakan Umum Anggaran Penetapan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPS) 2014 yang telah diserahkan Pemkab Manokwari, cukup banyak anggaran pendidikan yang tidak terperinci,” kata Trisep.

Ia mengatakan dalam dokumen itu ditemukan kerancuan dan sarat masalah. “Ada anggaran pembangunan sekolah, namun tidak jelas dimana alamat sekolah tersebut. Ada pula anggaran yang tidak jelas peruntukkanya,” katanya. |TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan