FORNAS Bali 2015

Formi Tepis Kabar Batal Berangkatkan Tim Penembak ke Fornas Bali

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Sekretaris Umum Formi Papua Barat Dodi Nanariani menepis kabar bahwa cabang olahraga FAI (Federasi Airsoftgun Indonesia) Papua Barat batal mengirim tiga regu ke Fornas ke III Bali pada 12- 19 Oktober nanti, dikarenakan alasan pendanaan.

“Semua cabor kami berlakukan sama. Masing-masing satu regu kami ikutkan ke Fornas, dan itu sudah kami sepakatkan dalam rapat beberapa waktu lalu,” kata Dodi, Senin (28/9/2015) siang di ruang kerjanya.

Khusus untuk FAI Papua Barat, Dodi melanjutkan, pemilihan satu regu merupakan keputusan bersama dari kepengrusan cabang olahraga tersebut. Satu regu terdiri dari empat orang dan ditambah satu cadangan.

Selain itu FAI di Fornas mendatang, hanya diperbolehkan ikut satu regu, mengingat hanya satu medali yang akan diperebutkan. Kejuaraan Fornas tersebut bertakjub kejuaraan Nasional, sehingga tim atau klub dan sanggar tidak bisa mengikuti hal tersebut sebelum mendaftarkan klubnya ke Formi Daerah untuk menfasilitasi keikutsertaan di Fornas.

“Bukan FAI saja yang memasukan penambahan, tetapi semua cabor juga meminta penambahan kouta, sehingga hasil yang diputuskan berdasarkan hasil rapat pleno panitia Bapuslatda Formi Papua Barat, sehingga kalau ada penambahan pada cabor khusus maka otomatis cabor lainnya juga akan minta penambahan,” jelasnya.

Sehingga kepastian satu tim dari FAI dalam keikutsertaannya di Fornas mendatang berdasarkan keputusan pleno Bapuslatda, bukan minimnya pendanaan yang terdapat di Formi Papua Barat.

Sebelumnya Ketua Umum FAI Papua Barat Rudolf Rumbino mengatakan pembatasan atlit dalam mengikuti Fornas di Bali akibat keterbatasan anggaran, sehingga FAI Papua Barat hanya mengikutkan satu regunya, padahal sebelumnya FAI direncanakan akan mengikuti tiga regu di ajang Fornas tersebut.

Hal ini yang dipertanyakan pengurus FAI Papua Barat mengingat Formi Papua Barat telah mengalokasikan anggarannya bagi 10 cabang olahraga yang akan diikutkan di Fornas mendatang.

Untuk itu Ketua Umum FAI Papua Barat akan berupaya mengikutkan dua regu lainnya, namun tidak membawa nama Papua Barat melainkan nama klub itu sendiri.

Formi Papua Barat diajang Fornas akan menurunkan 10 cabang olahraga yakni, gulat tangan, fai, langka dansa, senam dan instruktur fitnnes, street soccer, olahraga tradisional, yayasan jantung Indonesia dan olahraga elektronik.
Setiap kontingen yang juara akan mewakili Indonesia diajang Tafisa tahun 2016 yang akan digelar di DKI Jakarta.|ADITH SETYAWAN