Bupati Kaimana (tengah), Kapolres dan Dandim dalam pertemuan bahas  keamanan wilayah.
Bupati Kaimana (tengah), Kapolres dan Dandim dalam pertemuan bahas keamanan wilayah.

Forpimda Komit Jaga Kaimana Damai

KAIMANA, Cahayapapua.com— Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), terdiri dari Bupati, Dandim dan Kapolres, Selasa (25/10/2016) lalu, menggelar pertemuan terbatas melibatkan komunitas intelijen. Rapat yang dipimpin langsung Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma ini membahas langkah pencegahan terhadap segala bentuk ancaman internal maupun eksternal di wilayah Kaimana, dalam rangka menjaga imeg Kaimana sebagai kabupaten paling aman di Papua Barat.

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Bupati mengajak Forpimda dan juga komunitas intelijen untuk  memainkan peran strategis dalam memantau dan meminimalisir setiap permasalahan yang bakal mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Kaimana. Bupati berharap seluruh komponen terkait, dapat bersama-sama mempertahankan imeg Kaimana sebagai kota damai.

Menurut Bupati, menjaga situasi keamanan Kaimana sudah menjadi tugas utama pemerintah daerah, Polri dan TNI. Bupati juga menyebut ada beberapa isu bahkan upaya provokasi terhadap masyarakat yang belakangan ini mengganggu imeg Kaimana sebagai kabupaten damai. Upaya ini juga bertujuan merongrong pemerintahan dan pembangunan. Hal ini lanjut Bupati, harus segera diatasi dan perlu ada deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan yang bakal terjadi kedepan.

Kesempatan yang sama Dandim 1713 Kaimana Letkol Inf. Wempi Ramandei mengakui, menjaga stabilitas keamanan daerah merupakan tugas bersama TNI, Polri dan juga pemerintah daerah. Untuk itu, Ia berharap, melalui rapat pimpinan daerah bersama unsur terkait, ada upaya deteksi dini terhadap berbagai permasalahan yang bakal mengganggu ketentraman hidup masyarakat. Dandim juga memberikan apresiasi kepada Bupati Kaimana atad komitmennya mempertahankan imeg Kaimana sebagai kabupaten paling aman dan damai.

Senada, Kapolres Kaimana AKBP Adam Erwindi, SIK,MH juga berharap, rapat Forpimda perlu dilaksanakan secara rutin, dengan tujuan selain mendeteksi dini berbagai persoalan yang bakal terjadi, juga kaitannya dengan bagaimana menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada dan Pesparawi 2017. Kapolres akui, Kaimana memang merupakan daerah yang aman dengan semangat kekeluargaan, persaudaraan dan toleransi antar umat beragama yang tinggi. Namun jika tidak dijaga dengan baik, maka imeg Kaimana damai itu bakal hanya menjadi slogan. (ISA)

Tinggalkan Balasan