Ilustrasi

Forum Anak Manokwari Terbentuk

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com-Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Manokwari menggelar kegiatan pembinaan Forum Anak Kabupaten Manokwari, Kamis (15/1/2015).

Ini dilakukan untuk dapat mengakomodir kebutuhan dan hak anak, baik dalam mendapatkan pendidikan, kesehatan, kebutuhan lainnya.

Plt. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Manokwari, Hanny Rumfabe mengatakan, pemilihan ketua forum anak periode 2015-2017 untuk mengakomodir hak dan kebutuhan anak-anak, seperti yang tertera dalam UU Nomor 23 Tahun 2002 atau UU nomor 35 tahun 2015 tentang, kesetaraan gender, hak anak, kewajiban orangtua.

“Untuk memenuhi kebutuhan anak, maka pemerintah memiliki tanggungjawab, karena melalui forum ini anak akan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia mereka,” jelasnya.

Hanny menambahkan, forum anak ini juga dapat membuat seorang anak dapat lebih cepat berkembang dan berkreasi sesuai karakternya.

Selain itu melalui forum ini, anak-anak akan mendapat satu wadah dalam menuangkan ide-idenya.“Kami berharap dengan forum anak ini, maka anak-anak dapat terus mensosialisasikan hak dan kebutuhan anak pada keluarga, masyarakat dan juga pemerintah,” harapnya.

Kurang lebih 30 anak ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Puluhan siswa-siswi tersebut berasal SMA dan SMP yang ada di kota Manokwari.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pemilihan ketua Forum Anak Kabupaten Manokwari. Salah satu siswa SMA Negeri 2 Manokwari atas nama Yehezkiel terpilih sebagai Ketua Forum Anak Kabupaten Manokwari.|ADITH SETYAWAN