Peresmian kantor FKUB Teluk Bintuni. Foto : CAHAYAPAPUA.com |Ari Murti

Forum Kerukunan Umat Beragama Bintuni Resmi Miliki Kantor

Pegawai Kementerian Agama Teluk Bintuni. Foto : CAHAYAPAPUA.com Ari Murti

Pegawai Kementerian Agama Teluk Bintuni. Foto : CAHAYAPAPUA.com | Ari Murti

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com— Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap kerukunan antar umat beragama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Teluk Bintuni membangun satu gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Gedung atau kantor FKUB kabupaten Teluk Bintuni yang telah selesai dibangun belum lama ini telah diresmikan oleh Asisten II, Frans Awak usai upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 69.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Teluk Bintuni, Agus Hidayat mengungkapkan bahwa organisasi FKUB dinilai sangat penting karena sebagai garda terdepan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Peran FKUB sangat luar biasa. Selama ini belum melihat FKUB memiliki kantor, sehingga kami inisiatif untuk megajukan program pengadaan. Tapi isinya masih kosong, sehingga berharap sekali mudah-mudahan untuk isinya mungkin dari pemda bisa membantu dalam hal fasilitasi daripada kantor sekretariat FKUB,” harapnya.

Agus juga mengharapkan agar sekretariat FKUB kedepan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi kemasyarakatan ini.

Sementara Asisten II, Frans Awak saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kementerian Agama membangun kantor FKUB Teluk Bintuni. Terkait usulan untuk melengkapi isi gedung, dikatakan pihaknya akan menyampaikan usulan ini kepada pimpinan dalam hal ini Bupati.

“Dengan usulan meminta bantuan pemda untuk melengkapi kekurangannya, maka kami akan sampaikan kepada pimpinan. Memang kita di pemkab belum bisa mendukung secara penuh FKUB untuk eksisnya, tapi atas kerjasama kementerian dan pemda maka saya yakin pemda pasti akan membantu,” ujarnya.

Ia berharap dengan telah dibangunnya satu gedung, maka FKUB di daerah ini dapat lebih eksis dan berperan dalam menjalankan tugasnya, terutama membina kerukunan antara umat beragama dalam rangka menjaga stabilitas keamanan.

Ketua FKUB Teluk Bintuni, Bahmudin Fymbay menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu dari luar yang dapat menyebabkan perpecahan antar umat beragama.

Ia mengharapkan dengan tersedianya gedung yang baru, maka organisasi FKUB dapat lebih berperan di masyarakat. “Saat ini di Teluk Bintuni terjalin aman. Jika ada isu perpecahan, maka segera kumpul, membahas dan mencari solusi penangananannya sehingga tidak sampai terjadi konflik,” ujarnya.

Menurutnya peranan FKUB berada digaris terdepan untuk mencegah agar tidak terjadi konflik antar umat beragama. “Sehingga terwujud Papua menjadi zona damai, salah satunya menjaga kerukunan antar umat beragama,” pungkasnya. |ARI MURTI