Sekretariat DPR Papua Barat

Fraksi Otsus Dorong Penuntasan Tatib DPR Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Prosesi adat pembukaan palang kantor DPR Papua Barat (DPRPB) telah dilakukan. Hal ini dilakukan agar tugas kesekretariatan dapat mendukung kegiatan kedewanan lain.

Ketua Fraksi Otsus DPRPB, Yan Anthon Yoteni mengharapkan, pimpinan dan anggota dewan yang terhormat yang masih ada di luar Manokwari atau dimanapun berada. Agar dapat masuk ke kantor lagi. “Kantor sudah tidak dipalang kecuali, gedung utama,” katanya.

Menurut Yoteni, kehadiran anggota dewan sangat penting dalam rangka merampungkan pembahasan tata tertib (tatib). Yang hampir setahun ini belum juga diselesaikan.

“Satu agenda penting yakni, pembahasan tatib yang mejadi dasar. Kami berharap palang ini sudah dibuka sehingga, besok (hari ini, red) sudah bisa dilakukan pembahasan lagi,” ujarnya.

Pembahasan tatib DPRPB ini telah dilakukan beberapa kali. Meski telah dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri namun, pembahasan di internal DPRPB sendiri belum mencapai kata sepakat.

Sejak dilantik bulan Oktober 2014 lalu, hingga kini, DPRPB belum miliki tatib sebagai pedoman kerja. “Syukur, puji Tuhan kita sempat membahas tatib sampai pasal 35. Sehingga, beberapa pasal lagi bisa tetapkan supaya ada yang mengatur kita untuk bekerja,” ujarnya.

Yoteni membahkan, saat ini dua wakil ketua DPRPB sedang mengikuti kegiatan Badan Anggaran (Banggar). Yang mengonsultasikan hasil penetapan APBD Perubahan 2015 ke Kementerian Dalam Negeri.

“Satu orang wakil pimpinan sakit. Palang sudah dibuka sehingga, kita harap tidak ada alasan lagi kawan-kawan (anggota dewan) bisa masuk kantor”pungkasnya. |ADVERTORIAL