Yan Antoni Yoteni

Fraksi Otsus DPR-PB dukung langkah Kejari Manokwari

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yan Anton Yoteni, mendukung langkah Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari melakukan penggeledahan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat, beberapa waktu lalu. 

Penggeledahan ini berkaitan dengan pembuatan Regulasi Perdasus dan Perdasi tentang kelembagaan MRP Papua Barat dan rekrutment calon anggota MRP Provinsi Papua Barat.

“Apa yang telah dilakukan oleh pihak penegak hukum (Kejari Manokwari), adalah signal sesuatu yang baik, untuk menunjukkan ke semua orang tentang benar dan tidaknya terjadi penyelewengan,” jelas Yan, Selasa (21/3).

Fraksi Otsus, lanjut dia, mendukung langkah tersebut untuk menguak kebenaran, dan masyarakat diminta untuk menghormati langkah hukum.

Yoteni juga menyoroti, penggunaan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk proses rekruitmen MRP PB yang hampir 5 bulan dan tidak menghasilkan sesuatu yang baik.

“Sudah gunakan dana yang besar dan masih menghasilkan persoalan yang besar. Faktanya saat ini ada 8 orang yang menuntut haknya, terhadap hasil akhir rekrutment MRP PB,” lanjutnya.

Menurutnya, MRP sebagai lembaga kultur telah mampu memberikan pertimbangan-pertimbangan lahirnya perdasus pro keberpihakan kepada OAP, juga memberikan pertimbangan gubernur-wakil gubernur OAP, dan mampu mengakomodir perbedaan kultur di Nusantara dan hidup damai di Papua.

“Sorotan yang ditujukan kepada MRP harus diterima sebagai perbaikan sesuatu yang lebih baik, tidak boleh goyah karena MRP merupakan lembaga presentasi,” katanya lagi. |Elyas Estrada

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: