Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan. |Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Gaji PNS Malas di Papua Barat Akan Ditahan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sekda Provinsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan menegaskan akan menerapkan sistem penahanan gaji kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Ini sebagai bentuk hukuman kepada setiap aparat negera di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat yang malas kerja.

“Saya sebagai ketua Baperjakat dan pimpinan tertinggi PNS di Pemprov Papua Barat telah mengeluarkan kebijakan berupa tindakan memblokir rekening PNS yang malas masuk kerja,” tegas Nataniel saat memimpin apel pagi gabungan SKPD Pemprov Papua Barat di kantor gubernur jalan Siliwangi No. 1 Manokwari, Senin (5/1/2015).

Menurut Nataniel, aturan ini akan mulai berlaku dengan melihat absen tingkat kehadiran PNS di masing-masing SKPD.

“Jika ketahuan ada pegawai yang jarang masuk kantor, maka pihak bank akan langsung memblokir gaji PNS bersangkutan,” tegas ketua Baperjakat yang mengaku akan terus mencari cara untuk menghukum PNS malas.

Misalnya, dalam bentuk mengurangi poin kenaikan pangkat PNS. Alasan Nataniel karena semua usulan kenaikan pangkat pasti melalui Sekda.

“Jika selama ini lewat BKD, maka kebijakan itu kita rubah, sehingga pegawai yang hendak naik pangkat harus melampirkan daftar hadir,” ungkap Nataniel.

Dia berharap memasuki tahun 2015 ada perubahan lebih baik dalam struktur Pemerintahan Provinsi Papua Barat, termasuk masalah kedisiplinan dan kehadiran PNS.

“Harapannya kebijakan menahan gaji PNS dapat berjalan efektif, sehingga setiap PNS rajin masuk kantor dan menjalankan kewajiban. Dengan kata lain tidak ada lagi PNS makan gaji buta,” ujar Nataniel.

“Karena sekarang gaji lewat rekening, maka kita akan cari cara untuk memblokir gaji jika pegawai pemalas. Dan kita akan meminta bank untuk memblokir ATM. Selanjutnya pegawai harus ada catatan dulu atas keterangan ketidakhadiran baru kita cairkan gajinya,” sebut Nataniel.

Sebagai bentuk ucapan syukur perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2015, Pemprov akan mengelar doa syukuran bersama yang digelar Jumat pekan ini di auditorium PKK Arfai usai apel Jumat. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan