Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi N.A. Nussy |CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Gaji PNS Manokwari Dipotong 2 Persen untuk BPJS Ketenagakerjaan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Tidak hanya BPJS Kesehatan, terhitung mulai Januari 2015 semua pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab Manokwari juga akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepesertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan bagi PNS apabila terjadi kecelakaan kerja maupun kematian.

Sama dengan produk asuransi lainnya, dalam BPJS Ketenagakerjaan semua PNS wajib menyetorkan iuran setiap bulan. Iuran bulanan itu diambil dari gaji masing-masing PNS sebesar 2 persen dari gaji pokok.

“Dipotong dari gaji kita 2 persen. Sedangkan 4,5 persen menjadi tanggungjawab pemerintah, “ kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi N.A. Nussy, di kantornya beberapa hari lalu.

Dalam waktu dekat, kata Nussy, petugas dari BPJS Ketenagakerjaan akan diundang Pemda untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh PNS.

“Seharusnya mulai Januari ini potong (gaji), tapi kita undur bulan Februari karena perlu ada sosialisasi dulu supaya PNS tidak kaget, “ jelasnya sembari menyebut dalam sebulan Pemkab Manokwari menyetor sekitar 2 miliar untuk membayar klaim asuransi bagi para PNS. |ZACK TONU BALA

 

Tinggalkan Balasan