Ilustrasi. Int

GAKUMDU Kantongi Aktor Dibalik Pencoblosan Ratusan Surat Suara

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Kepala satuan tugas penegakkan hukum terpadu (GAKUMDU) Pilkada Manokwari Ajun Komisaris Polisi Hengky K Abadi, menyatakan, pihaknya telah mengantongi aktor yang diduga kuat sebagai otak pencoblosan ratusan surat di TPS 01 Kampung Snaimboy, Distrik Masni, Rabu dinihari (9/12) lalu.

Meski demikian Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari ini mengatakan, untuk menjerat aktor tersebut pihaknya masih perlu melakukan vefirikasi.

“Sudah ada yang diduga kuat, namun sementara ini kami masih menunggu hasil verifikasi,” ujarnya kepada wartawan di halaman kantor Polres Manokwari kemarin siang.

Hengky mengatakan pengungkapan kasus itu juga dibantu oleh Panwaslu Manokwari yang merupakan salah satu unsur di Gakumdu termasuk didalamnya Kejaksaan.

“Kalau ada pasal yang mengatur peristiwa ini, maka bisa masuk dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 sedangkan jika tidak ada maka perkara tersebut akan masuk dalam pidana umum,” kata dia.

Untuk kepentingan penyidikan kasus ini, 11 orang, terdiri dari ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara TPS 01 Kampung Snaimboy, anggota KPPS, Linmas, Panwas distrik hingga tokoh-tokoh masyarakat setempat telah ditahan.

Sementara barang bukti yang disita adalah satu box kotak suara, surat suara sebanyak 360 yang telah dicoblos dan gembok box surat suara.

Rabu dinihari lalu, tepatnya sekitar pukul 02.30 dinihari, panitia KPPS 01 Kampung Snaimboy Distrik Masni diduga mencoblos 360 surat suara. Akibatnya pemungutan suara di kampung tersebut gagal digelar. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan