Dua petugas PLN sedang melihat gardu yang meledak di Jalan Percetakan Sanggeng.

Gardu PLN di Jalan Jalan Percetakan Negara Meledak

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.COM – Warga sekitar gardu listrik MNK 055 milik PT. PLN (Persero) Manokwari dikagetkan dengan bunyi ledakan diikuti dengan keluarnya api dari gardu yang terletak di pertigaan jalan Percetakan Sanggeng, siang kemarin.

Bunyi ledakan yang terjadi sebanyak 4 kali diikuti dengan keluarnya api dari gardu yang berjarak kurang lebih 10 meter dari 3 warung dan 1 pangkalan ojek itu spontan membuat aliran listrik di daerah perkantoran Sanggeng dan sekitarnya padam.

Pengakuan warga di sekitar gardu, korsleting listrik di gardu itu sudah terjadi sejak Senin lalu. Hal itu di tandai dengan keluarnya asap dari box gardu, namun gardu baru mengeluarkan bunyi ledakan disertai keluarnya api terjadi sejak pukul 13.30 siang kemarin.

Selang 1 jam kemudian 2 orang petugas PLN datang untuk melakukan pemeriksaan awal dan mematikan jaringan listrik yang terhubung ke gardu untuk menghentikan korsleting di gardu itu. Saat terjadi ledakan disertai keluarnya api, kabel yang terhubung ke gardu langsung terputus.

Warga yang melihat kejadian itu mengatakan, “Sudah dari kemarin (Senin, 5/10) ada gumpalan-gumpalan asap keluar dari box gardu, tapi tidak ada ledakan dan percikan api, dari kemarin itu tidak ada petugas yang datang periksa kenapa ada asap yang keluar dari gardu,” kata pria ini.

Lanjut warga yang tidak mau namanya disebutkan itu menjelaskan, “Tadi (kemarin) kira-kira jam setengah dua siang tiba-tiba terdengar ledakan, ada juga api yang keluar, tadi itu bunyi ledakan dari dalam gardu terjadi sebanyak 4 kali, akibat ledakan itu, 1 kabel besar yang terhubung ke tiang gardu langsung terputus tapi 1 dari 4 urat kabel besar itu tidak putus makanya kabelnya tidak langsung jatuh ke tanah,” tandas salah satu warga pemilik warung saat itu sedang menjajakan jualanya.

Ia juga mengaku sangat terkejut dan panik melihat gardu mengeluarkan api saat terjadi bunyi ledakan. Melihat kondisi itu, pemilik warung itu langsung menghubungi petugas PLN, selang 1 jam kemudian 2 orang petugas PLN tiba dilokasi gardu dan melakukan pemeriksaan dan pemutusan aliran listrik di gardu untuk memastikan tidak terjadi ledakan yang diakibatkan korsleting. |RIZALDY|BUSTAM