Peserta jalan santai memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 yang digelar Pemerintah Distrik Manimeri Teluk Bintuni, kemarin. Distrik ini juga mengemas sejumlah kegiatan dengan tajuk ‘Gebyar Merah Putih’ untuk memeriahkan pelaksanaan HUT RI di daerah itu.

Gebyar Merah Putih Bintuni Diramaikan Seribu Peserta

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com— Bertempat di Distrik Manimeri, Teluk Bintuni, Jumat (5/8/2016), sedikitnya seribu orang yang terdiri dari komponen masyarakat, pelajar, seluruh kepala kampung beserta aparat, PNS Distrik Manimeri, serta tamu undangan dari pemerintah daerah setempat, mengikuti jalan santai dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71.

Kegiatan merupakan awal dari semua kegiatan yang dikemas dalam ‘Gebyar Merah Putih’, mengambil rute dimulai start dari Tugu Tiga Pilar Pertigaan Rajawali dan finish di Kantor Distrik Manimeri.

Kepala Distrik Manimeri Jandri Salakory mengatakan tujuan dari adanya kegiatan ‘Gebyar Merah Putih’ untuk membangun komitmen sesama anak bangsa agar mereka memiliki rasa cinta kepada NKRI, membangun rasa cinta nasionalisme, dan untuk menjalin kebersamaan dan serta kekompakan sesama masyarakat.

“Gebyar Merah Putih di Distrik Manimeri ini kali kedua sepanjang saya menjabat sebagai Kepala Distrik disini,” kata Kepala Distrik Manimeri di ruang kerjanya.

Gebyar Merah Putih difokuskan pada beberapa kegiatan seperti jalan sehat, lomba bola voly (putra), gawang mini, cipta menu (ibu-ibu PKK), tata kelola pemerintahan kampung, pidato tingkat SMP dan SMK, baca puisi tingkat SD, lari estafet tingakt SD. Serta lomba mewarna tingkat PAUD dan TK, lomba lari kelereng, lomba isi paku di botol, lomba isi air kedalam botol, lomba panjat pinang, dan lomba tarik tambang.

“Kurang lebih 13 kegiatan, untuk tahun 2016, diawali jalan santai yang melibatkan semua komponen masyarakat, semua pelajar, dari TK sampai SMK, dan seluruh kepala kampung dan aparat, seluruh PNS yang bekerja di Distrik Manimeri,” katanya.

Pejabat Caretaker Ketua KNPI Bintuni juga tidak menduga-duga kegiatan jalan santai ini bisa menyedot antusias banyak masyarakat. “Tadi itu luar biasa, begitu banyaknya, saya sendiri sampai kaget,” pungkasnya.

Secara terpisah Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw memberikan apresiasi kepada warga semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Saya selaku bupati memberikan apresiasi kepada kepala distrik Manimeri, seluruh perangkat distrik dan kepala kampung dan aparat kampung.

Ini contoh yang baik untuk bisa menjadi dorongan bagi kampung-kampung, distrik-distrik supaya melakukan hal yang sama. Kalau ada lima atau enam kepala distrik seperti ini kita melihat suasana Bintuni akan hidup,” kata bupati.

Bupati mengatakan, bahwa kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan merupakan kegiatan untuk mengingatkan kita kepada para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan ini.

Selain itu juga untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan keberagaaman masyarakat di Distrik Manimeri dan secara umum di Kabupaten Teluk Bintuni. (ART)

Tinggalkan Balasan