Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari terbakar, Senin pagi, (2/10). Arsip yang dapat diselamatkan dalam kebakaran tersebut hanya yang berasal dari ruang arsip sementara arsip di ruangan lain sebagian besar hangus terbakar.

Gedung terbakar, arsip penting dinas pendidikan tidak berbekas

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari yang beralamat di Jalan Pahlawan, Senin (2/10), sekitar pukul 03.30 WIT dini hari terbakar. Api yang mulanya diketahui dari ruangan belakang dengan cepat merembes ke semua gedung, sehingga hanya dalam hitungan jam, gedung tersebut tinggal menyisakan puing-puing.

Api baru mereda setelah mobil water canon milik Polda Papua Barat tiba di lokasi sekitar pukul 05.58 kemudian di susul mobil tangki air milik Fasharkan TNI Angkatan yang berupaya memadamkan api meski demikian api telah menjalar ke ke seluruh bangunan tersebut.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari Barnabas Dowansiba yang tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 05.45 WIT langsung meminta bantuan warga yang ada di sekitar itu untuk mendobrak pintu terali besi hasilnya sejumlah buku dan berkas serta lemari dan kursi berhasil di selamatkan.

“Ada dokumen-dokumen penting milik keuangan serta beberapa ijazah SD dan SMP yang ada di ruangan juga ikut terbakar,” kata Barnabas. Menurut Barnabas, sebagian arsip yang berhasil diselamatkan adalah arsip lama.

Dikatakan untuk dokumen penting seperti ijazah pihaknya bisa meminta file yang ada di provinsi kemudian akan membeli alat cetak guna di cetak ulang, sementara dokumen keuangan seluruhnya  ludas sehingga dinas nanti meminta pihak bank untuk membuka file kredit.

“Kerugian di taksir miliaran rupiah. Jadi untuk sementara kita nanti akan menggunakan ruangan eks kantor gubernur untuk melanjutkan aktifitas,” kata Barnabas.

Sementara Bupati Demas Paulus Mandacan yang di temui di lokasi kebakaran menegaskan untuk mengetahui penyebab kebakaran kantor dinas pendidikan itu, dia mendukung kepolisian untuk melakukan investigasi dan penyelidikan.

“Iya kita mendukung kepolisian agar bekerja mencari kebenaran atau penyebab kebakaran itu,” kata Demas.

Dia mengatakan untuk sementara dinas pendidikan akan menggunakan kantor alternatif entah di eks kantor gubernur atau nanti di sewa ruko. “Hal itu nanti dipikirkan,” ujarnya. (mar)

 

Tinggalkan Balasan