Peserta seminar penyakit tidak menular yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kaimana.

Gelar seminar PTM, Dinkes layani pemeriksaan kesehatan gratis

KAIMANA, Cahayapapua.com— Penyakit Tidak Menular (PTM) telah menjadi masalah kesehatan masyarakat terbesar di Indonesia. PTM terjadi akibat berbagai faktor risiko, seperti merokok, diet tidak sehat, kurang aktivitas fisik dan konsumsi minuman beralkohol. Faktor risiko tersebut akan menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis didalam tubuh manusia sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat, gula darah meningkat, kolesterol darah meningkat dan obesitas.

Mencegah sekaligus menanggulangi timbulnya penyakit tidak menular dimaksud, Kamis (13/7/2017) bertempat di Meeting Room Kaimana Beach Hotel, Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana menyelenggarakan seminar terkait Penyakit Tidak Menular ini dengan melibatkan 140 peserta perwakilan kader Posbindu, organisasi wanita, perwakilan SKPD, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan RSUD.

Dalam kegiatan yang dibuka Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Joulanda Mentang ini juga, Dinas Kesehatan dengan bantuan beberapa tenaga medis memberikan kesempatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para peserta seminar. Pemeriksaan ini berkaitan dengan beberapa penyakit tidak menular seperti kolesterol, gula darah, diabetes dan lainnya.

Adapun seminar yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang PTM, meningkatkan kemampuan pemeliharaan kesehatan mandiri masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan PTM, serta melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pemecahan masalah PTM dengan meningkatkan kegiatan Posbindu pada kelompok masyarakat atau organisasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Joulanda Mentang pada pembukaan kegiatan mengatakan, penyakit tidak menular sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Ada banyak cara mencegah timbulnya penyakit yakni selain menjalani pola hidup sehat, menjaga pola makan, menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat juga harus rajin memeriksakan diri ke dokter.

Joulanda meminta peserta seminar agar dapat mengikuti setiap paparan materi dengan baik, untuk selanjutnya dibagikan kepada sesama. “Sekembali dari sini bagikan informasi kesehatan ini kepada sesama. Penyakit tidak menular ini perlu diantisipasi dengan menjalani pola hidup sehat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Untuk itu, jangan merokok, hindari minuman keras dan lainnya supaya tubuh tidak terserang penyakit,” pesan mantan Kepala Puskesmas Kaimana ini. (isa)

 

Tinggalkan Balasan