Pemberian obat gratis pada Posyandu Lansia Gereja Katolik di Kaimana. | CAHAYAPAPUA.com | Isabela Wisang

Gereja Katolik Kaimana Buka Posyandu Lansia

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com—– Dalam rangka membantu meningkatkan derajat kesehatan sekaligus membantu meningkatkan usia harapan hidup bagi umat yang berusia diatas 50 tahun, Gereja Katolik St. Martinus Kaimana resmi membuka Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lanjut Usia (Lansia), yang akan memberikan pelayanan kesehatan rutin sekali sebulan bagi para Lansia.

Kegiatan ini dibuka Pastor Paroki St. Martinus Kaimana, Romo Fransiskus Elli Heriyanto, O.Carm dalam sebuah misa syukur bertempat di Gereja St. Martinus, Jumat (12/6/2015).

Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari program Dewan Pastoral Paroki St. Martinus, dalam hal ini Seksi Pelayanan Sosial Ekonomi kerjasama dengan Seksi Kesehatan, serta didukung Seksi Komunikasi Sosial. Usai misa pembukaan, dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan gratis bertempat di Halaman Gereja.

Adapun peserta yang terlayani dalam kegiatan perdana Posyandu Lansia adalah kurang lebih 40 orang. Jumlah ini dipastikan akan bertambah pada bulan berikutnya, karena sosialisasi masih terus berlangsung. Jenis pelayanan yang diberikan kepada para Lansia adalah penimbangan badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan 2 dokter umum dan 1 dokter gigi serta pemberian obat yang didasarkan pada resep dokter. Selain 3 orang tenaga dokter, pelayanan Posyandu Lansia juga dilakukan oleh sejumlah tenaga perawat yang adalah juga anggota dewan pastoral.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini dilakukan secara gratis, dengan dukungan obat-obatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana. Hadir memberikan dukungan bagi suksesnya kegiatan Posyandu Lansia, para pengurus inti Dewan Pastoral Paroki St. Martinus, diantaranya Ketua Dewan Yohanes, Wakil Ketua Yonif Kristiawan dan lainnya, termasuk Pastor Paroki Romo Eli Harianto, O.Carm. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan