Kaum Perempuan di Kampung Undurara, Distrik Naikere. Mereka Membutuhkan Pemberdayaan dari Pemda agar Bisa Maju dan Berkembang.
Kaum Perempuan di Kampung Undurara, Distrik Naikere. Mereka Membutuhkan Pemberdayaan dari Pemda agar Bisa Maju dan Berkembang.

Gereja Siap Bantu Pemda  Atasi Kemiskinan dan Keterbelakangan di Undurara

WASIOR, Cahayapapua.com—  Klasis GKI (Gereja Kristen Injili) Wondama berkomitmen  terus berkarya tidak saja  dalam  bidang kerohanian tetapi juga di bidang lainnya untuk mengangkat derajat kehidupan masyarakat di pedalaman Naikere.

Distrik Naikere merupakan wilayah di Kabupaten Teluk Wondama yang masih terpencil dan terisolir. Sebagian besar masyarakat di wilayah ini masih hidup dalam kemiskinan dan keterbelakangan.  Salah satunya di kampung Undurara.

Pendeta Dolfinus Mayor, pimpinan Jemaat GKI Yohanes Paulus Kaibi-Ramiki yang merupakan jemaat pembina gereja di Undurara memastikan pelayanan rohani juga pada bidang lainnya  tetap dilakukan sampai warga Undurara  benar-benar mandiri.

Dalam pelaksanaan pelayanan, pihak gereja akan bersinergi dengan Pemda dan lembaga adat.

“Agama, adat dan pemerintah adalah tiga tungku. Jadi kami dari gereja dukung pemerintah dan adat untuk sama-sama membantu masyarakat kita di sini (Undurara) agar ke depan jadi lebih baik lagi dari sisi kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya,”kata Pendeta Mayor usai peresmian gereja baru di Undurara, baru-baru ini.

Khusus bidang pendidikan, lanjut Mayor, Jemaat Yohanes Paulus Kaibi-Ramiki akan menyiapkan tenaga pendidik untuk ditempatkan di Undurara. Di Undurara sendiri sudah terbangun satu unit gedung SD. Namun sekolah tersebut belum beroperasi karena belum ada guru.

Ronal Baibaba, pemuda gereja jemaat Yohanes Paulus Kaibi-Ramiki menambahkan, pihaknya telah mengagendakan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di Undurara. Salah satunya adalah melaksanakan Natal Bersama dengan warga jemaat setempat pada Desember nanti.

“Sebagai pemuda gereja kami juga berharap Pemda berperan mengangkat kehidpuan masyarakat di Undurara agar mereka juga bisa merasakan kemajuan,”ucap Ronal yang juga sebagai ketua panitia peresmian gereja Undurara. (BRV)

Tinggalkan Balasan