Rudi Timisela
Rudi Timisela

Golkar Dorong Penegakan HAM

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Aspirasi masyarakat yang menghendaki pengusutan tuntas terhadap kasus dugaan pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua (Papua dan Papua Barat) dari masa ke masa termasuk kasus ‘Sanggeng Berdarah’ mendapat respon partai golkar.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat, Rudi Timisela Senin (31/10), mengatakan, aspirasi masyarakat tersebut telah disampaikan dalam rakornis DPP Partai Golkar di Makassar. DPP Partai Golkar berhasil mengeluarkan rekomendasi.

“DPP akan meminta anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar menindaklanjuti berbagai dugaan pelanggaran yang terjadi dari masa ke masa hingga kasus Sanggeng, yang kami nilai ada  tindakan-tindakan tidak profesional yang dilakukan oleh aparat Negara,” katanya.

Kata dia, kasus Sanggeng harus ditindaklanjuti dengan mendengar keterangan dari semua pihak termasuk aparat keamanan. Ia mengatakan, harus ada alasan kuat terkait penggunaan senjata api yang mengakibatkan jatuhnya korban.

“Saya kira pak kapolda sudah berjiwa besar untuk bertanggungjawab penuh terhadap apa yang terjadi. Tinggal bagaimana tindak-tindakan hukum harus menyentuh aparat yang terbukti bersalah. Jika terjadi pelanggaran prosedural harus diproses,” ujar Rudi.

Rudi menambahkan, kasus Sanggeng telah mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, penanganannya harus memberikan kejelasan soal apa yang terjadi sebenarnya.

“Ini harus menjadi perhatian Kapolri juga karena ada jatuh korban meninggal dunia,”pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan