Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Gubernur: 20 November anggota MRPB dilantik

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengatakan, akan melantik42 nama calon Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) periode 2017-2022, pada 20 November mendatang.

“Sesuai hasil pertemuan dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), jika tidak ada halangan lagi, tanggal 20 November 2017, anggota MRPB akan dilantik,” ujar Dominggus, Senin (13/11).

Dominggus menuturkan, bahwa proses verifikasi ke 42 nama Calon anggota MRPB di Kemendagri tersebut telah selesai. Selanjutnya saat ini akan disiapkan rancangan Surat Keputusan penetapan calon anggota MRPB.

Dijelaskan, komposisi keanggotaan MRPB telah sesuai keputusan Kemendagri dan Ditjen Otonomi Daerah. Meski diakui, sebelumnya komposisi MRPB untuk golongan kelompok kerja  agama dan perwakilan perempuan, dipersoalkan salah seorang calon dari perwakilan perempuan adat di Papua Barat.

Lebih jauh dikatakan, sebagai pimpinan dan pengambil kebijakan, dirinya telah berupaya maksimal agar lembaga adat ini dapat segera menjalankan mekanisme kerjanya dengan baik.

Selain itu, Dominggus kembali mengingatkan, bahwa masa keanggotaan MPRB sesuai Undang-Undang, yakni lima tahun. Dan beranggotakan orang asli Papua yang terdiri atas wakil-wakil adat, agama dan perempuan.

“Maka anggota MRPB mempunyai tugas dan wewenang memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Sehingga sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis pemerintah pusat yang telah diputuskan melalui Kemendagri, maka untuk persoalan terkait pelantikan MRPB periode 2017-2022 jika tidak ada halangan dan penundaan lagi akan dilantik pada 20 November 2017,”  ucap Dominggus. (cr-80)

Tinggalkan Balasan