Dominggus Mandacan

Gubernur Dominggus kumpulkan bupati wali kota

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan mengumpulkan para bupati dan wali kota untuk mensingkrunkan rencana program pembangunan antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Saat ini provinsi sedang menyusun rencana program jangka menengah daerah. Provinsi dan kabupaten kota harus sinkrun agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan,” kata Dominggus di Manokwari, Rabu.

Gubernur menginginkan, sasaran program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah di Papua Barat pada jangka waktu lima tahun kedepan tercapai.

“RPJMD provinsi menyesuaikan pusat. Begitu dengan RPJMD kabupaten kota harus menyesuaikan provinsi,” kata gubernur lagi.

Dia menyebutkan, pada Selasa (22/8), ia melantik tiga kelapa daerah yakni Kota Sorong, Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Sorong. Diharapkan tiga daerah ini segera menyusun RPJMD.

Dia menjelaskan, RPJMD merupakan dasar bagi kepala daerah dalam melaksanakan pembangun. Hal itu sekaligus acuan untuk mewujudkan visi misi kepemimpinan yang dikampanyekan saat maju sebagai kandidat calon kepala daerah.

Menurutnya, pada sejumlah aspek Papua Barat masih tertinggal dari daerah lain, sehingga percepatan pembangunan di daerah ini mutlak dilakukan.

“Pemerintah pusat sudah menggelontorkan berbagai program percepatan pembangunan Papua Barat. Semangat pemerintah pusat harus diimbagi pemerintah daerah,” sebutnya pula.

Penetapan wilayah Sorong sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang dilakukan pemerintah pusat, dinilai sebagai bukti keseriusan presiden membangun daerah tersebut.

Selain itu, pemerintah pun telah meluncurkan program Tol Laut, dan program perkeretaapian. Sorong dipilih sebagai gerbang Tol laut di wilayah Timur.

“Sorong akan berkembang pesat, hal itu sulit terwujud tanpa dukungan para bupati dan wali kota,” katanya lagi. (ibn)

Tinggalkan Balasan