Ilustrasi

Gubernur Dominggus: Pemerintah ingin anak Papua jadi pilot

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah menginginkan anak-anak Papua dari wilayah provinsi Papua dan Papua Barat untuk menjalani pendidikan penerbangan agar bisa menjadi pilot.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, Minggu, mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan tahun ini melaksanakan program afirmasi pendidikan untuk jurusan penerbangan.

“Sudah ada pengumuman, pendaftaran sudah dibuka secara online. Saya ingin anak-anak Papua di Papua Barat memanfaatkan program ini,” kata gubernur.

Terkait program tersebut, kata dia, pemerintah provinsi Papua Barat siap menanggung biaya jika jumlah taruna dari Papua Barat melebihi kuota yang disiapkan pusat.

“Untuk Papua dan Papua Barat secara keseluruhan mendapat jatah 12 orang. Saya sudah sampaikan kepada pihak kementerian, kalau jumlah kita melebihi pemerintah daerah siap menanggung biaya pendidikan mereka,” sebutnya.

Menurut gubernur, investasi sumber daya manusia penting untuk menunjang pembangunan daerah kedepan. Program pembangunan SDM menjadi salah satu prioritas kepemimpinanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Max L Sabarofex pada wawancara secara terpisah mengatakan, program ini merupakan bagian dari nawacita presiden dan wakil presiden.

Pada program pendidikan penerbangan ini, menurutnya, dibutuhkan anak-anak Papua yang benar-benar siap secara fisik, mental dan intelegensi. Hal itu merupakan syarat yang harus dipenuhi cara calon pilot.

Program afirmasi dari pemerintah pusat tersebut saat ini sedang dalam tahap pendaftaran yang dibuka sejak 31 Agustus hingga 31 Oktober 2017. Max pun sudah menyampaikan hal itu kepada seluruh kabupaten kota.

“Kami berharap seluruh daerah menyiapkan putra-putri terbaik lulusan SMA/SMK, usia maksimum 25 tahun per 10 Januari 2018. Untuk pria tinggi minimal 167 cm dan wanita 163 cm,” katanya merinci. (ibn)

Tinggalkan Balasan