Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (kanan) dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani.

Gubernur Dominggus ungkap hasil pertemuan dengan Menhub

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan telah melakukan audensi dengan Kementrian Perhubungan. Hal yang dibicarakan antara lain mengenai sarana transportasi penunjang seperti Pelabuhan dan Bandara di Papua Barat.

“Selasa lalu saya ketemu Pak Menteri Perhubungan dan membahas soal tol laut dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Sorong,” ungkap Gubernur Mandacan pada kegiatan peresmian 43 unit pondok pinang yang dibangun oleh Gapeknas Papua Barat, Kamis (3/8) di Suapen Perkebunan.

Pengembangan pelabuhan seperti di kabupaten Manokwari dan Sorong, sebut gubernur, menjadi hal urgen yang akan ditindaklanjuti pengembangannya secara sinergi antara  provinsi dan pemerintah pusat.

Tidak hanya pelabuhan, lanjut Gubernur Mandacan, pengembangan infrastruktur lapangan terbang di wilayah ini juga menjadi perhatian serius bersama.

“Tol laut adalah solusi menjadi transportasi penghubung  untuk menekan kemahalan harga begitupun lapangan terbang yang perlu pengembangan. Soal lapangan terbang, saya sudah laporkan soal ganti rugi hak ulayat kepada Pak menteri,” bukanya.

Hal lain yang dibahas sebut gubernur Mandacan adalah pengembangan infraturktur dermaga dan lapangan terbang di kabupaten Raja Ampat, kota Sorong, Fak-fak, Kaimana dan kabupaten Teluk Wondama.

“Tol laut dan pengembangan bandara kedepan menjadi atensi kita bersama. Saya harap hal inipun menjadi perhatian serius pemerintah daerah setempat,” kata mantan bupati Manokwari dua periode ini. (mar)

Tinggalkan Balasan