Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Gubernur ingin masyarakat terlibat kelola Situs Mansinam

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menginginkan masyarakat terlibat dalam pengelolaan situs pulau Mansinam di Kabupaten Manokwari.

Ditemui di Manokwari, Rabu, Mandacan mengatakan pengembangan pulau tersebut sudah ditunjukan pemerintah pusat melalui pembangunan beberapa fasilitas pendukung situs.

“Pemerintah pusat sudah membangun jalan lingkar pulau yang melibatkan TNI. Saat ini kita sudah bisa mengelilingi pulau, jalan lingkar sudah bagus dan bisa nikmati melalui bersepeda,” katanya.

Dia menjelaskan, pulau Mansinam merupakan asset bersejarah yang memiliki peran besar dalam budaya serta peradaban umat kristiani di tanah Papua.

Ia juga mengajak pemerintah Kabupaten Manokwari berkomitmen dalam mengelola pulau tersebut.“Pemerintah pusat sudah merespon harapan masyarakat, tinggal kita di daerah untuk merawatnya,”katanya lagi.

Mantan Bupati Manokwari ini ingin pengelolaan pulau ini terus dimaksimalkan. Selain situs, potensi ekonomi di pulau ini harus dikembangkan sehingga mendatangkan manfaat ekonomi bagi warga setempat.  “Selain mendatangkan manfaat keimanan, pulau ini harus menjadi sumber rejeki masyarakat. Ada potensi ekonomi disitu tapi belum dioptimalkan,” sebutnya.

Dia menyebutkan, sejak situs tersebut diresmikan pemerintah Provinsi Papua Barat sudah mendukung anggaran pemeliharaan. Ia akan kembali mengkroscek anggaran tersebut akan berlangsung optimal. (ibn)

Tinggalkan Balasan