Peresmian 43 pondok pinang yang dibangun Gabungan Pelaksana Kontraktor Nasional (Gapeknas) Papua Barat dibiayai Pemprov Papua Barat di Suafen Perkebunan, oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kamis. Gubernur menjanjikan bantuan modal usaha sebesar Rp20 juta lebih kepada penjual pinang di lokasi tersebut.

Gubernur janjikan modal usaha untuk penjual pinang

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan 43 unit pondok pinang yang dibangun oleh Gabungan Pelaksana Kontraktor Nasional (Gapeknas) Papua Barat, di Suafen Perkebunan, Kamis (3/8).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRPB Pieter Kondjol dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), pimpinan Perbankan dan pelaku pengusaha di kota Manokwari.

“Kita akan berikan modal kepada penjual pinang yang sudah mendapat tempat masing-masing Rp 20,7 juta. Saya harap bantuan yang diberikan dipergunakan secara baik agar perputaran usahanya tidak lagi bergantung pada pemerintah,” kata mantan Bupati Manokwari dua periode ini.

Tak hanya di kota Manokwari, Gubernur Mandacan mengatakan, mama – mama Papua yang menekuni sektor usaha kecil dan menengah di kabupaten/ kota lain di Papua Barat juga menjadi fokus perhatiannya.

“Kita akan bantu pengembangan usaha mereka. Tidak hanya Manokwari tapi daerah lain juga diperhatikan. Saya harap ada sinergi dengan para Bupati dan Walikota untuk program tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Papua Barat, Lasarus Indow mengatakan, pembangunan pondok pinang tersebut dalam rangka pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif (UEK) di Kabupaten Manokwari.

Tercatat ada 43 pondok pinang berukuran 2,1 meter persegi yang dibangun dengan alokasi anggaran Rp 1,9 miliar lebih dari ABPD yang dikelola Dinas Sosial Provinsi Papua Barat tahun Anggaran 2017.

“Semua pembangunan pondok kita kerjasama denga kontraktor pelaksana yang tergabung dalam Gapeknas, sedangkan perencanaan dan pengawasan dipercayakan kepada CV. Inston Teknik Utama,” kata Lasarus Indow melaporkan.

Ketua Gapeknas Papua Barat, Roby Wanggai menjelaskan,pembangunan 43 unit pondok pinang ini di bagi menjadi beberapa kelompok. “ Di Suafen Perkebunan dibangun 8 unit, Angkasa Mulyono ada 7 unit, Anggori ada 4 unit, Pasir Putih dua unit dan beberapa lokasi lainnya,”  jelasnya.

Peresmian yang berlangsung sederhana dan dilakukan oleh Gubernur Mandacan, di sambut baik oleh warga masyarakat yang hadir pada acara tersebut. (mar)

Tinggalkan Balasan