Dominggus Mandacan

Gubernur kumpulkan pemuka adat tuntaskan masalah Maybrat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan mengumpulkan para pemuka adat, pemuda dan agama di Kabupaten Maybrat untuk menuntaskan masalah di daerah tersebut.

Ditemui di Manokwari, Kamis, gubernur mengatakan, wacana menyangkut ibu kota kabupaten di Maybrat harus diselesaikan secara baik. Sehingga pemerintah dapat melaksanakan pembangunan secara baik.

“Dalam waktu dekat saya akan ke Jakarta untuk bertemu dengan Menteri Dalam Negeri. Setelah itu kita akan menggelar pertemuan dengan para tokoh, diharapkan masalah selesai melalui pertemuan tersebut,” kata gubernur.

Terkait masalah ibu kota kabupaten tersebut, lanjut Dominggus, beberapa waktu lalu dirinya sudah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri.

Saat ini, kata dia, Kemendagri sedang menyusun rancangan peraturan pemerintah untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terkait ibu kota daerah tersebut.

“Mendagri ingin roda pemerintahan di Kabupaten Maybrat berlangsung baik. Pembangunan berjalan lancar, masalah keamanan tidak usah dibesar-besarkan, yang pasti masyarakat masih duduk aman, damai dan aktifitas pun berjalan lancar,” kata Dominggus.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah itu satu hati dan satu komitmen membangun daerah. Masalah ibu kota kabupaten, sebaiknya menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

Bupati Maybrat Bernard Sagrim pada serah terima jabatan bupati Maybrat yang digelar di Manokwari, Rabu, mengajak seluruh elemen memperhatikan kearifan lokal dalam memandang Maybrat.

Menurutnya, pembangunan di daerah tersebut harus berlanjut sebab masih banyak persoalan yang harus dituntaskan, terutama menyangkut kesejahteraan masyarakat.

Keamanan dan stabilitas pemerintahan, kata dia, menjadi salah satu syarat utama dalam pembangunan. Ia pun berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan secara merata di daerah tersebut.

Ia juga berharap, pemerintah provinsi Papua Barat, terus membantu proses pembangunan di daerah tersebut. Sinergitas antara kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat sangat diharapkan. (ibn)

Tinggalkan Balasan