Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Gubernur minta BPKP kawal pengelolaan Dana Desa

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.COM— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meminta Badan Pengawas Keuangan Provinsi (BPKP) Papua Barat terus mengawal pengelolaan dana desa di daerah tersebut.

Ditemui di Manokwari, Rabu (11/10/2017), Gubernur mengatakan, di Papua Barat terdapat 1.743 kampung yang menerima dan mengelola dana desa. Hingga saat ini baru 672 kampung yang menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda).

Gubernur menginginkan, seluruh kampung menerapkan aplikasi tersebut. Sehingga mempermudah mereka dalam menyusun perencanaan pembangunan hungga pelaporan program yang dilaksanakan.

“Pemerintah pusat menggelontorkan program dana desa sebagai bentuk realisasi nawacita presiden yang ingin membangun dari desa ke kota. Ini selaras dengan visi misi gubernur dan wakil gubernur,” kata dia.

Ia berharap, dana yang kucurkan pemerintah melalui program ini dimanfaatkan secara baik. Seluruh kampung kedepan diharapkan bisa mandiri dan berkembang melalui potensi masing-masing.

Pada kesempatan itu, gubernur juga berharap BPKP terus mendampingi pengelolaan anggaran pemerintah Papua Barat. Diharapkan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Papua Barat semakin baik. “Sudah cukup lama kerja sama antara pemerintah daerah dengan BPKP terjalin. Kerjasama ini harus terus ditingkatkan,” katanya.

Dia mengutarakan, sekian lama LKPD Papua Barat mendapat opini disclaimer. Pada tahun 2013 membaik hingga akhirnya meningkat menjadi wajar tanpa pengecualian pada tahun 2015. Menurut gubernur, kehadiran BPKP sangat membantu. Ia ingin kualitas LKPD Papua Barat terus meningkat dari tahun ketahun. (IBN)

Tinggalkan Balasan