Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat Ajukan Revisi Perpres 84

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengajukan usulan revisi peraturan pemerintah nomor 84 tahun 2012 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi pengusaha asli Papua.

Ditemui di Manokwari, Jumat, gubernur berharap merubah nilai proyek penunjukan langsung bagi pengusaha asli Papua di Papua Barat.

“Kami menginginkan nilainya ditingkatkan dari Rp 500 juta menjadi Rp 1 miliar atau bahkan bisa lebih lagi,” kata Dominggus.

Ia mengutarakan, usulan ini sudah disampaikan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Ia mengharap dukungan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia serta asosiasi lain.

“Saya sudah sampaikan juga kepada Ketua Umum HIPMI pusat bapak Bahlil agar dibantu melobi di pusat. Sehingga revisi ini bisa dipercepat,” ujarnya.

Terkait upaya tersebut, gubernur pun sudah dua kali menggelar pertemuan bersama Lembaga  Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Perintah (LKPP). Pertemuan ketiga sudah direncanakan untuk menindaklanjuti aspirasi pengusaha Papua tersebut.

‘’Mudah-mudahan sudah bisa disepakati. Kami sudah melengkapi data-data yang diminta LKPP,’’ ujarnya Dominggus lagi.

Gubernur menambahkan, aspirasi ini juga sudah disampaikannya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo saat menghadiri peringatan Hari Ibu di Raja Ampat pada 22 Desember 2017.

“Ketika itu, bapak presiden mengaku sudah mengetahui dan telah memerintahkan lembaga terkait untuk mengkaji. Kita harapkan minimal nilai proyek penunjukkan langsung sama dengan Papua yakni Rp 1 M atau bisa lebih dari itu,” sebut gubernur.

Gubernur berpandangan, pengusaha asli Papua perlu memperoleh kemudahan. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan agar usaha mereka terus meningkat serta dapat bersaing pada proses lelang. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: