Ilustrasi audit BPK. Foto: Bisnis.com

Gubernur Papua Barat Didesak Tindaklanjuti Temuan BPK

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi didesak mengambil tindakan atas temuan BPK RI terhadap SKPD di lingkungan Pemprov Papua Barat yang menyalahgunakan anggaran negara. (Baca: Temuan BPK Selama 3 Tahun di Pemprov Papua Barat, Ini Daftarnya)

“Gubernur harus segera memanggil semua pimpinan SKPD dan memberikan pembinaan terkait hasil temuan BPKRI,” tegas anggota DPRPB, Yosias Saroy, di Manokwari, Rabu (7/1/2015).

Menurut dia, temuan BPK sudah menjadi incaran aparat penegak hukum, Kepolisian dan Kejaksaan, sehingga gubernur mesti bersikap. (Baca: 9 SKPD di Papua Barat yang Dipantau Kejati Papua)

“Ini harus segera ditindaklanjuti, karena kita punya Pemprov kan sudah WDP, jadi harus kita tingkatkan menjadi WTP, sebab itu adalah harapan Gubernur,” kata Saroy.

Ia juga menyampaikan bahwa secara kelembagaan, DPR PB memiliki fungsi pengawasan, sehingga tidak salah kalau DPR PB membentuk Pansus atau Panja untuk menelusuri temuan itu. (Baca: Pihak Terkait Didesak Tindaklanjuti Temuan BPK di Pemprov Papua Barat)

Mantan Ketua DPRD Manokwari ini menyampaikan, kewenangan untuk memanggil dan meminta penjelasan SKPD merupakan kebijakan pimpinan dewan. Ia mengatakan akan menyampaikan perihal ini kepada pimpinan DPR Papua Barat. | DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan