Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Gubernur PB ajak GKI ikut jaga kelestarian alam Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, mengajak Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Papua Barat, ikut menjaga kelestarian alam Papua.

“Momen HUT GKI di tanah Papua ke-61 ini, harus menjadi cerminan, bahwa GKI sebagai mitra Pemerintah Daerah (Pemda), harus ikut menjaga kelestarian alam Papua,” ucap Dominggus, saat akan melakukan prosesi penanaman bibit pohon pada cara peringatan HUT GKI di Lapangan Zending Andai, Distrik Manokwari Selatan, Manokwari, Kamis (26/10/2017).

Dominggus mengatakan, hal ini sebagai upaya konkrit Pemda dan GKI di tanah Papua, untuk selalu menjaga dan turut menghijaukan lingkungan di sekitar dan menjaga keasrian hutan bumi cenderawasih.

“Kita harus melestarikan hutan di sekitar pemukiman penduduk dan memanfaatkan lahan tidur untuk dihijaukan agar fungsi hutan kembali seperti aslinya,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengajak seluruh masyarakat, secara khusus yang memiliki lahan tidur, untuk dihijaukan kembali. Gubernur berharap masyarakat bisa menghijaukan lahan di sekitar pemukimannya masing-masing.

“Kita harus bisa titipkan sesuatu kepada anak cucu di sepuluh bahkan dua puluh tahun mendatang,” imbuhnya.

Sejumlah jenis bibit pohon yang ditanam tesebut, masing-masing 10 bibit durian, 20 bibit mangga okulasi, 20 bibit matoa kelapa, 10 bibit tanjung dan 10 bibit glondokan. (cr-80)

Leave a Reply

%d bloggers like this: