Gula Pasir

Gula Pasir Langka di Oransbari

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com—– Masyarakat Oransbari sejak dua pekan mengalami kelangkaan gula pasir. Pantuan media ini, tak satu pun pedagang kios di daerah ini yang memiliki stok gula pasir.

“Untuk gula pasir, biasanya kita peroleh dari pemasok dari Manokwari. Hanya saja dua minggu ini tidak ada pemasok yang datang,” aku Parman salah pemilik kios di Oransbari saat ditemui, Senin (1/8/2016).

Hal senada diutarakan Mbah Warso, pemilik kios lainnya. “Tidak tau kenapa sampai gula pasir langka,” ujarnya.

Parman menimpali, kelangkaan gula pasir telah terjadi saat lebaran lalu. Harganya dipasaran melonjak, dan dua minggu belakangan ini stok kosong di pasaran. “ Kalau tidak diantar pemasok, saya biasa cari sendiri di Manokwari. Tapi di sana (Manokwari,red.) barangnya langka,” ungkap Parman.

Terpisah Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Mansel, Bondan saat dikonfirmasi terkait kelangkaan gula pasir menyatakan segera akan menindaklanjutinya.“Kita akan cek, kendalanya dimana sehingga bisa dicarikan solusinya,” tegasnya.

Lanjut dia, kedepan perlu ada distributor sembilan bahan pokok yang beroperasi di daerah ini agar tidak lagi bergantung dengan pemasok dari Kabupaten Manokwari. “Saat ini kan kita belum punya distributor sembako.Kalau ada yang mau bergerak di bidang itu, kita akan sangat mendukung dengan melayani perijinan secara cepat dan tanpa pungut biaya,” janjinya.

Ia menambahkan keberadaan pelabuhan di Oransbari juga perlu digenjot peningkatannya sehingga dapat pula difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat kontainer sembako dan lainnya. (ACM)

Tinggalkan Balasan