dakwatuna.co Ilustrasi

Guru Garis Depan di Manokwari Akan Ditambah

MANOKWARI, Cahaya Papua.com —– Staf Khusus Menteri Pendidikan RI, Ahmad Rizali menyatakan, Kementerian Pendidikan akan menambah jumlah Guru Garis Depan untuk mengajar di sejumlah sekolah di kabupaten Manokwari.
Pernyataan ini disampaikan Ahmad Rizali dalam jumpa pers peluncuran program USAID PRIORITAS —- Program yang didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada pelajar Indonesia— di kantor gubernur Jalan Siliwangi, Manokwari, Rabu (1/7/2015).
Rizal menyatakan, tahun ini sudah ada 30 Guru Garis Depan yang telah menjalankan tugas sebagai pendidik di beberapa sekolah di Manokwari.
Ia menyatakan Guru Garis Depan lebih diutamakan bagi para guru yang telah bekerja dan berpengalaman pada program sarjana mengajar di daerah terpencil. Mereka, menurut Rizal diprioritaskan karena mereka memiliki pengalaman mengajar di daerah terpencil dan daerah perbatasan.
Sebelum Guru Garis Depan ini diterjunkan, Kementerian Pendidikan akan memberikan pelatihan-pelatihan dan pembekalan. “Para Guru Garis Depan ini setelah ditempatkan di suatu daerah akan secara otomatisdiangkat menjadi guru dengan status PNS,” kata Rizal.
Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy mendorong bupati dan wali kota, yang menjadi lokasi Guru Garis Depan untuk memanfaatkan program ini secara maksimal. “Sehingga dapat meningkatkan taraf pendidikan bagi peserta didik di Papua Barat,” pesan Irene. |MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR: DUMA TATO SANDA