logo-kabupaten-manokwari-selatan-provinsi-papua-baratvisualmanokwari.wordpress.co

Guru Manokwari Selatan Dilatih Manajemen Sekolah

MANOKWARI SELATAN,CAHAYAPAPUA.com——Dalam rangka pengembangan mutu dan kualitas program pendidikan, Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melalui bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Parawisata memberikan training (pelatihan) menajemen kepada kepala sekolah tingkat SMP dan SMA/MK.

Kegiatan ini digelar di gedung SMP Negeri Oransbari, Sabtu (13/6/2015) lalu. Bersamaan Operator Dapodik dari masing-masing sekolah juga mendapatkan pelatihan pendalaman pemahaman tentang pelaporan Dapodik bagi sekolahnya.

Kepada wartawan Kepala Bidang SMP dan SMA Yohanis Erari berharap kegiatan tersebut bisa berdampak pada pembebasan biaya pendidikan bagi siswa.

“Dengan manejemen yang baik, maka pengelolaan keuangan di satiap sekolah akan lebih baik, sehingga penerapan pembebasan biaya pendidikan bisa terwujud,” kata Erari.

Dijelaskan Yohanis, dalam kesempatan tersebut sengaja diagendakan kegiatan pemantapan pengetahuan Operator Dapodik, karena manejemen sangat erat kaitannya dengan Dapodik, terutama dalam pembebasan biaya pendidikan bagi siswa.

“Dana BOS yang dikucurkan Pemerintah Pusat kan bergantung pada Pelaporan Dapodik Sekolah. Kalau laporannya lengkap maka semua siswa akan mendapatkan alokasi dana BOS, yang bila dikelolah baik maka sangat memungkinkan untuk tidak memungut biaya lagi dari para siswa,” jelasnya.Sayangnya dalam pelatihan tersebut masih ada kepala sekolah yang tidak hadir. |SUTANTO