Ilustrasi,..

Hanura Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur, 9 Februari

MANOKWARI, CAHAYAPAPU.com Ketua DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Papua Barat, Jhon Paul Asmuruf mengatakan, Hanura akan membuka pendaftaran dan seleksi calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat pada 9 Februari mendatang.

Kata Jhon, meski hak politik semua orang untuk mencalonkan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur terbuka lebar. Namun, memiliki basis, ketokohan, popularitas, dan finansial adalah syarat pendukung.

“Cost (biaya, red) politik itu pasti dibutuhkan untuk konsolidasi dan sosialisasi. Popularitas, ketokohan, finansial merupakan syarat penentu. Semua kalangan berpotensi untuk mencalonkan diri pada pilkada gubernur dan wakil gubernur,” kata Jhon, Rabu (3/2/2016).

Menurut Jhon, tim seleksi akan dibentuk untuk menyeleksi para bakal calon yang resmi terdaftar. Proses serupa ini juga akan dilaksanakan di tingkat DPC bagi bakal calon bupati wakil bupati.

“DPP yang akan berwenang memutuskan. Kurang lebih ada 23 persyaratan yang harus dipenuhi bagi setiap bakal calon,” ujarnya.

Sekretaris DPD Hanura, Jhon Dimara menambahkan, proses pendaftaran terbuka bagi setiap bakal calon yang menghendaki dukungan partai. “Syarat khusus itu diatur di internal partai. Wajib, saat mendaftar sudah bersama dengan wakilnya,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM