HARI PENDIDIKAN. Mahasiswa berdemontrasi ke gedung DPR Papua Barat, Selasa (2/5), mendesak wakil rakyat serius mengawasi program pendidikan di Papua Barat.

Hardiknas, Puluhan Mahasiwa Demo Desak DPRPB Serius Awasi Pendidikan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Selasa (2/5) kemarin, merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional.  Tepat di momen ini, puluhan mahasiswa menyampaikan aspirasi sebagai bentuk keprihatinan terhadap persoalan pendidikan di Provinsi Papua Barat. 

Poin aspirasi yang disampaikan antara lain, meminta Dinas pendidikan Papua Barat  memberikan sanksi tegas kepada oknum tenaga guru yang malas mengabdi di kampung – kampung dan pelosok daerah ini yang terisolir, pengawasan serta transparansi Dana Bantuan Sekolah atau BOS oleh instansi teknis, mendorong Ombudsman Papua Barat monitor rutin standarisasi pelayanan pendidikan.

Mereka juga mendesak DPR PB terutama yang membidangi masalah pendidikan turun lapangan memantau kondisi pendidikan di pelosok daerah ini.

Pantuan media ini, pernyataan sikap itu dibacakan oleh salah satu pendemo, Samsudin Renuat. Dia mewakili rekan mahasiswa menyerahkan pernyataan sikap itu kepada perwakilan anggota DPR PB yang hadir menemui pendemo.

Lain lagi sikap Rusmanudin Kelkusa, rekan Renuat. Menurutnya Hardiknas bukan hanya diperingati dengan acara serimonial belaka, namun sebaliknya sebagai ajang evaluasi bagi semua pihak dalam hal mengatasi masalah pendidikan di Provinsi ini.

Sementara itu,  anggota DPR PB Imanuel Yenu yang  hadir menemui pendemo meminta maaf  karena ketidakhadiran pimpinan dewan. “Saya mewakili rekan dewan, karena saat ini unsur pimpinan sedang dinas luar kota. Aspirasi dari adik – adik nanti saya sampaikan ke Ketua DPR PB dan komisi yang membidangi pendidikan,” janji Imanuel Yenu  yang juga anggota Fraksi Demokrat.

Usai melakukan orasi dan menyerahkan pernyataan sikap, mahasiswa yang menggunakan mobil Pickup dengan dilengkapi toa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Aksi ini di kawal oleh sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Amban di bantu personil Polres Manokwari. (mar)

Tinggalkan Balasan