Aktivitas di pasar Wosi, Manokwari. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Harga Barang Naik, TPID Harus Inspeksi Pasar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kenaikan harga BBM bersubsidi dimanfaatkan pedagang untuk mengakibatkan barang-barang kebutuhan pokok di kota Manokwari ikut melonjak. Harga barang diprediksi akan makin melambung mengingat saat ini sudah menjelang hari raya Natal dan tahun baru.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Manokwari diharapkan secepatnya mengambil langkah antisipasi agar situasi ini tidak manfaatkan oleh para pedagang maupun para spekulan untuk meraup untung besar dengan cara menaikan harga secara berlebihan.

“Saya kira TPID harus turun ke pasar agar pantau harga barang karena sekarang juga menjelang hari raya Natal dan tahun baru, supaya para pedagang tidak mainkan harga secara sepihak, “ ujar Bupati Bastian Salabai di sela-sela peninjauan ke rumah dinas bupati di Sarinah, Jumat (21/11/2014) siang.

TPID yang merupakan gabungan dari sejumlah instansi teknis terkait memiliki tugas utama menjaga stabilitas harga barang agar tidak membebani masyarakat. Bupati mengaku, TPID kabupaten Manokwari sudah terbentuk dengan Sekda Drs. FM. Lalenoh sebagai ketua.

“Kenaikan BBM membuat daya beli masyarakat kita pasti terpengaruh karena pendapatan masyarakat kita ini bervariasi. Sehingga TPID perlu bekerja supaya harga barang naik tapi masih dalam batas kewajaran sesuai kemampuan daya beli masyarakat, “ lanjut Salabai.

Bupati juga berpesan kepada para pedagang agar tidak menaikan harga melebihi batas kewajaran. “Supaya masyarakat kita yang berpenghasilan rendah tidak semakin susah, “ imbuh orang nomor satu Manokwari ini. | ZACK TONU BALA

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan