Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa memberikan pesan-pesan kepada polisi cilik di Bandara Rendani Manokwari sebelum bertolak ke Mataram mengikuti perayaan Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional: Papua Barat Kirim 50 Polisi Cilik ke Mataram

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Sebanyak 50 Polisi Cilik binaan Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat akan turut memeriahkan perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (23/7).

Kehadiran mereka merupakan undangan khusus dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa saat melepas keberangkatan rombongan di Bandara Udara Rendani Manokwari, Kamis mengatakan, mereka adalah duta Papua Barat pada kegiatan tersebut.

Pada kegiatan tersebut, mereka akan tampil bersama ribuan anak-anak dari 33 Provinsi di Indonesia. Penampilan mereka akan disaksikan Presiden Joko Widodo, Menteri Yohana Yembise dan para tamu undangan dari beberapa negara sahabat.

Selain itu, selama  di Mataram anak-anak akan mengikuti beberapa kegiatan yang disiapkan Menteri Yohana. Diantara forum anak Indonesia yang akan membahas tentang isu kekerasan terhadap anak.

Dia mengutarakan, anggaran keberangkatan para duta Papua Barat ini ditanggung Kementerian PPPA, serta dukungan gubernur Papua Barat. Sementara Polda mensuport kesiapan terkait hal-hal yang akan ditampilkan pada kegiatan tersebut.

Para Polisi Cilik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Mereka sudah melakukan latihan di kantor Polda selama hampir tujuh bulan.

“Mereka ini anak-anak hebat, beberapa latihan seperti baris berbaris, mendal dan kedisiplinan, serta pengetahunan lainya diberikan selama latihan. Karakter mereka sudah terbina sejak kecil, kedepan diharapkan bisa lebih baik lagi,”ujarnya.

Kapolda menilai, undangan menteri pada iven nasional yang dihadiri Presiden ini merupakan penghargaan bagi para Polisi Cilik Papua. Ia berharap, hal ini bisa memotivasi anak-anak lain.

“Meskipun masih kecil mereka sudah paham apa yang benar dan salah. Saya yakin  ada yang jadi presiden, anggota TNI, Polri, Dokter, Pegawai Negeri dan lain-lain. Kita berdo’a, setelah dewasa semoga mereka jadi orang-orang hebat,” ujarnya.

Dia menambahkan, keberangkatan Polisi cilik didampingi oleh Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, enam pembina dari pramuka didampingi empat orang personil Polisi. (IBN)

Tinggalkan Balasan