Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani.

Hari ini Jokowi tiba di Sorong

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Presiden Joko Widodo direncanakan akan menyerahkan sebanyak 1.412 sertifikat tanah secara gratis di Sorong, Papua Barat, hari ini, Selasa (19/12).

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani di Manokwari, Senin, mengatakan, Presiden Jokowi bersama rombongan dijadwalkan tiba di Sorong hari ini.

“Kalau tidak ada perubahan beliau (presiden) dijadwalkan tiba di Sorong pukul 8 malam. Saya bersama bapak gubernur akan bersiap-siap di Sorong menyambut kedatangan Presiden,” kata Senin siang.

Dia mengutarakan, penyerahan sertifikat akan dilakukan kepada masyarakat di Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Sorog Selatan pada pertemuan akbar bersama masyarakat.

“Akan ada dialog antara Presiden dengan masyarakat. Di Sorong tidak akan lama, hari Rabu jam 10 siang Presiden akan bertolak ke Nabire Papua,” sebutnya lagi.

Setelah menuntaskan kegiatan di Nabire pada Kamis (20/12), Presiden bersama ibu negara Iriana Joko Widodo akan kembali ke Papua Barat untuk menghadiri puncak perayaan hari Ibu yang dipusatkan di Waisai, Raja Ampat.

“Puncak perayaan hari Ibu akan digelar pada tanggal 22 Desember. Disini pun Presiden dan ibu negara akan lebih banyak berdialog dengan masyarakat terutama mama-mama Papua,” ujarnya.

Lakotani berharap, seluruh agenda kunjungan presiden di dua provinsi ini berjalan lancar serta didukung cuaca yang baik.

Menurutnya, tidak ada agenda kunjungan ke Manokwari. Kunjungan Presiden dan ibu negara hanya terfokus di Sorong, Nabire dan Waisai Raja Ampat.

 

Pengamanan kunjungan Presiden

Sementara itu Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Yoppye Onesimus Wayangkau memimpin apel gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kota Sorong dan Kabupaten Raja Ampat.

Apel gelar pasukan TNI Polri ini digelar di Markas Korem 171 Praja Vira Tama Sorong, dan dihadiri  Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja, Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono MA, Danlantamal XIV/Srg Brigjen TNI Amir Faisol, para Kasi Korem 171/PVT serta para Komandan Satuan dan Kabalak Aju jajaran Korem 171/PVT, para Dansat Lantamal XIV/Srg, para Kepala jajaran Kepolisian Sorong.

Dalam apel gelar pasukan pelaksanaan kunker RI I itu diikuti personel dari Korem 171/PVT, Kodim 1704/Srg, Yonif 752 Raider, Denzipur 13/PPA, Lantamal XIV/Srg, Angkatan Udara, Yon Brimob, Polri, Denkes, POM AD-AL, Patwal.

Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Yoppye Onesimus Wayangkau mengatakan, sebanyak 2.500 personel TNI/Polri diterjunkan dalam pengamanan kunjungan Presiden itu.

Apabila terjadi gangguan keamanan saat pelaksanaan kunjungan kerja Presiden, pasukan TNI Polri untuk tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terukur. “Hindari arogansi, pelanggaran HAM, lakukan tindakan-tindakan secara profesional dan proporsional, lakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak yang terkait yang ada di TKP,” tegas Yoppye Onesimus seperti dikutip Sindonews.

Menurut rencana, Presiden Jokowi dan ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi para menteri kabinet akan melihat dari dekat perkembangan pemangunan pasar modern bagi mama-mama Papua yang telah dikerjakan sejak 2015 lalu termasuk menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada warga di Kabupaten Sorong.

Pada 22 Desember, Presiden dan ibu Negara akan menghadiri puncak peringatan hari Ibu yang akan digelar di pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat. (ibn/del/*)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: