Bupati dan Wakil Bupati Manokwari bersama para ibu-ibu dan pejabat pada peringatan Hari Kartini ke-136, di Manokwari.

Pesan Hari Kartini, Perempuan Papua Jangan Menyerah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Perempuan asli Papua perlu meneladani semangat dan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang tidak pantang menyerah melawan ketidakadilan terhadap kaum perempuan di jamannya.

Dengan begitu para perempuan Papua bisa menjadi Kartini-kartini masa kini yang tidak hanya tahu memasak, mengurus rumah tangga, tetapi juga tampil sebagai wanita yang hebat, cerdas dan berpikiran maju. Perempuan Papua harus mampu menjadi ibu yang hebat untuk keluarga, untuk masyarakat dan untuk bangsa.

Demikian pesan Hari Kartini yang disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari Agustina Salabai yang juga selaku ketua dewan pembina organisasi perempuan Kabupaten Manokwari pada resepsi peringatan Hari Kartini ke-136, di halaman Kantor Distrik Manokwari Timur, Selasa (21/4/2015).

Peringatan Hari Kartini tahun 2015 mengambil tema ‘Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Ekonomi Menuju Keluarga Sejahtera’. Tema ini diharapkan bisa memberi motivasi bagi perempuan dan ibu-ibu di Manokwari untuk terus menata diri agar semakin maju dalam berbagai bidang.

“Jika ibu-ibu hebat maka  keluarga menjadi hebat, maka lingkungan pun menjadi hebat, dan bangsa kita juga menjadi hebat. Seorang bapa atau suami bisa jadi orang hebat karena didukung oleh seorang istri yang hebat, “ ujar Agustina saat memberi sambutan.

Bupati Bastian Salabai juga berharap, perjuangan RA. Kartini memberi inspirasi bagi setiap perempuan di Manokwari untuk menjadi wanita yang hebat.

“Semoga peringatan Hari Kartini ke-136 ini menjadi momentum kebangkitan kaum perempuan untuk terus memberi kiprah dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Manokwari, “ kata Salabai.

Peringatan Hari Kartini 2015 dirayakan dengan berbagai kegiatan oleh gabungan organisasi perempuan Kabupaten Manokwari. Sesuai laporan ketua panitia Sarce Meidodga, kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemberina makanan tambahan bagi anak-anak, ibu-ibu hamil maupun ibu menyusui.

Adapula pelayanan KB dan bahkti sosial yang dipusatkan di Kampung Aipiri, Distrik Manokwari Timur serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan. |ZACK TONU BALA