Komisioner KPU Manokwari Abdul Muin Salewe menunjukkan contoh surat suara Pilkada Manokwari yang rusak. Dalam penyortiran hari pertama, kemarin, KPU menemukan 14 surat suara rusak.

Hari Pertama Penyortiran, 14 Surat Suara Rusak

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pelipatan serta pengecekan surat suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari di hari pertama, kemarin, menemukan 14 surat suara milik empat pasangan calon rusak.

Komisioner KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe kepada wartawan mengatakan, 14 surat suara yang gagal cetak tersebut ditemukan dalam tiga koli yang diperiksa oleh para petugas sekretariat KPU Manokwari.

Jumlah tersebut masih bias bertambah mengingat masih terdapat 10 koli surat suara yang saat ini masih dalam proses pelipatan serta penyortiran.

“14 surat suara yang rusak itu terdiri 1 lembar surat suara yang robek, tujuh lembar terdapat bercak noda, 2 lembar tidak simetris, 1 lembar minus (kurang) cetakan, 3 lembar double cetak,” ungkap Muin di ruang kerjanya.

KPU akan mengecek surat-surat suara yang rusak atau gagal cetak, untuk selanjutnya dibuatkan berita acaranya serta pengiriman kembali ke Makassar tempat percetakan surat suara itu dibuat.

“Kami masih akan lakukan penyortiran lagi sehingga kami akan mendapat akumulasi surat suara yang rusak, apakah ini mencapai 2 persen lebih, maka kami akan berkoordinasi bersama pihak Panwaslu dan pemangku kepentingan lainnya,” jelasnya.

Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan sehingga transparansi terkait surat suara dapat diketahui oleh semua pihak.

Sebelumnya pada Selasa lalu, KPU Manokwari telah menerima sebanyak 129.517 surat suara yang dikemas dalam 13 koli (karton) serta 28 koli yang berisikan formulir, sambul dan hologram. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM