Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Alberth Bandi, ST.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Alberth Bandi, ST.

Hari Ini Ribuan ASN Bersih-bersih Pasar

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dalam rangka memperingati Hari Pengurangan Resiko Bencana serta menyongsong HUT Kabupaten Manokwari pada 8 November mendatang, Pemerintah Kabupaten Manokwari bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat dipastikan akan turun ke jalan untuk melakukan aksi bersih-bersih pasar.

Aksi yang diperkirakan akan diikuti ribuan Pegawai Negeri Sipil itu akan dipusatkan pada dua pasar sentral terbesar di Kabupaten Manokwari, yakni Pasar Wosi dan Pasar Sanggeng yang terletak di Distrik Manokwari Barat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Albreth Bandi ST kepada wartawan mengatakan, aksi tersebut telah dikoordinasikan antara pemerintah kabupaten dan provinsi, sehingga dipastikan aksi tersebut akan menjadi aksi bersih-bersih terbesar yang akan dilakukan di Papua Barat.

“Kami harapkan Aksi Jumat Bersih tersebut tak hanya diikuti oleh setiap pegawai pemerintahan saja, tetapi bagaimana sektor swasta lainnya juga bisa berpartisipasi,” harapnya.

Ditanya soal titik fokus Jumat bersih tersebut, Bandi menuturkan, dipilihnya kedua pasar tersebut dikarena sampah yang dihasilkan oleh para pedagang dan pembeli beresiko lebih banyak daripada sampah yang dibuang pada pinggiran jalan maupun badan jalan.

Untuk itu dirinya berharap, selain sektor swata maka setiap pedagang juga wajib mengikuti aksi bersih-bersih yang direncanakan akan dipimpin langsung oleh Bupati serta Wakli Bupati Manokwari.

“Karena ini lokasi pasar sehingga kami juga imbau kepada masyarakat khususnya para pedagang agar dapat terlibat dalam aksi ini, karena yang sering menghabiskan waktu di lokasi tersebut adalah para pedagang dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Bandi menambahkan, aksi bersih-bersih pasar ini merupakan rangkaian bebrpa kegiatan dalam menyambut dua hari besar tersebut, dimana kedepan sebelum memasuki acara puncaknya pada 8 November mendatang, pemerintah Provinsi papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari juga tengah menggelar lomba Adipura tingkat kelurahan yang diikuti 9 kelurahan di 3 distrik yakni Distrik Manokwari Selatan, Manokwari Barat serta Distrik Manowkari Timur. (ACS)

Tinggalkan Balasan